Diterbitkan 28 Mei 2024

Tips dan Manfaat Magang: Langkah Awal Menuju Karir Cemerlang

Magang mungkin saja sudah tidak asing di telinga para mahasiswa, apalagi bagi mahasiswa yang telah melewati 2 tahun pertama di bangku kuliah. Jadi, apa itu magang? Bagaimana peran magang dapat signifikan untuk menentukan karir di masa depan? Baca artikel ini untuk tahu selengkapnya!

Pengembangan Diri

Pers Kampusinovatif

Kunjungi Profile
97x
Bagikan

Magang merupakan program kerja sementara yang menjadi wadah untuk individu mencari pengalaman praktis, khususnya untuk mereka yang sedang menempuh pendidikan formal atau baru saja lulus. Dalam periode magang, individu yang terlibat akan belajar dan berlatih untuk menerapkan teori yang dipelajari sebelumnya pada lingkungan profesional. Program ini dapat berlangsung selama beberapa minggu atau berbulan-bulan, serta dapat bersifat paruh waktu atau penuh waktu. Tergantung pada motivasi dan tujuan masing-masing individu dalam mengajukan lamaran.

 

Baca juga: Kalian Harus Tahu Cara Menganalisis SWOT Untuk Tahu Potensi Dirimu

 

Magang menjadi penting untuk mahasiswa atau fresh graduate ikuti, karena dengan ini mereka dapat menyempurnakan proses belajar agar nantinya siap terjun pada industri terkait jurusan selama kuliah. Ibaratnya, magang seperti kisi-kisi yang biasanya kamu jadikan acuan untuk menghadapi ujian esok harinya. Jika sudah menguasai kisi-kisi, kamu akan percaya diri saat mengerjakan ujian dan yakin akan membuahkan hasil yang baik.

 

Foto: Canva

 

Tips Menemukan Program Magang yang Tepat

Dengan banyaknya opsi magang, mahasiswa harus cerdik dalam memilah program mana yang paling tepat untuk diikuti. Mencari tempat magang merupakan langkah krusial yang perlu kamu perhatikan agar kamu dapat mengoptimalkan manfaat di dalamnya untuk perkembangan karir kamu. Simak tips-nya di bawah!

1. Tentukan visi karir

Sebelum menentukan tujuan karir, kamu dapat terlebih dahulu mempertimbangkan bidang atau industri yang paling kamu minati dan mencari jenis pekerjaan apa yang berada dalam lingkup tersebut. Selanjutnya kamu bisa menyusun tujuan karir jangka panjang beserta langkah-langkah bagaimana kamu meraih tujuan yang sudah ditetapkan. Tanyakan pertanyaan kepada dirimu sendiri untuk mengidentifikasi strategi yang dapat kamu ambil. Seperti:

  • Apa saja kompetensi yang kamu perlukan?
  • Keterampilan teknis seperti apa yang harus kamu kembangkan?
  • Bagaimana cara memperluas relasi profesional?

2. Riset dan mencari informasi

Sebagai generasi yang akrab dengan teknologi, kamu bisa mencari informasi seputar lowongan magang secara daring. Manfaatkan situs web karir, portal magang, dan platform profesional seperti LinkedIn untuk mencari peluang magang. Banyak perusahaan juga memposting lowongan magang di situs web mereka. Informasi penting yang harus kamu cari meliputi profil perusahaan yang kamu tuju. Karena dengan meninjau profil, kamu dapat memeriksa reputasi, nilai-nilai perusahaan dan umpan balik atau testimoni dari mantan magang di situs seperti Glassdoor atau forum online lainnya untuk mendapatkan gambaran tentang pengalaman magang di perusahaan tersebut. Untuk versi luring, kamu dapat menggunakan koneksi seperti teman atau dosen untuk menggali informasi seputar magang.

3. Persiapkan dengan baik

Langkah pertama, kamu dapat menyesuaikan keterampilan yang dipunya dengan posisi yang hendak dilamar. Pastikan deskripsi pekerjaan relevan dengan yang kamu kuasai. Kedua, kamu mempersiapkan dokumen dengan baik, seperti membuat CV (Curriculum Vitae) yang menarik dengan menonjolkan keterampilan dan pengalaman yang sesuai dengan yang dibutuhkan. Langkah ketiga, kamu dapat perkuat profil online dengan menambahkan proyek yang sesuai di platform Linkedin dan membenahkan media sosial yang kamu punya untuk mencerminkan citra yang baik jika HRD mengecek profil kamu. Terakhir, kamu dapat menyiapkan wawancara dengan baik. Kamu dapat mempelajari perusahaan, ketahui sebanyak mungkin tentang perusahaan dan posisi yang kamu lamar. Kemudian kamu dapat latihan wawancara dengan pertanyaan umum yang biasa ditanyakan oleh rekruter, kamu bisa mencari referensinya di internet.

 

Manfaat Mengikuti Magang

Dari penjabaran di atas, kamu sudah bisa menyimpulkan bahwa magang adalah program penting bagi mahasiswa karena banyaknya manfaat yang bisa didapat. Berikut adalah manfaat utama jika kamu mengikuti magang:

1. Pengalaman kerja nyata

Saat magang kamu dapat menerapkan pengetahuan akademis yang diajarkan dosen ke dalam situasi yang sesungguhnya. Dengan ini kamu dapat memperkuat pemahaman atas konsep dan teori yang kamu pelajari di kelas. Selain itu, karena langsung terjun di lapangan, kamu akan mendapatkan pemahaman soal industri yang ingin kamu tekuni. Kamu dapat melihat secara langsung bagaimana industri beroperasi, dinamika work-flow dan proses bisnis. Pengalaman magang juga dapat membuat CV kamu lebih menonjol dan unggul jika program yang kamu ikuti relevan dengan posisi yang kamu lamar nantinya.

2. Melatih keterampilan

Kamu akan mempelajari baik hard skill ataupun soft skill saat berproses di tempat magang. Hard skill maksudnya adalah keterampilan teknis seperti penggunaan tools untuk memudahkan pekerjaan seperti Excel dan sebagainya. Sedangkan soft skill cenderung mengarah kepada keterampilan sosial, seperti komunikasi, teamwork atau problem solving. Baca disini untuk tahu bagaimana cara efektif memecahkan masalah.

3. Relasi profesional

Di tempat magang, tentunya kamu bertemu dengan karyawan yang sudah lama bekerja dalam industri. Kamu dapat memanfaatkan hal ini dengan membangun hubungan baik dan menjadi networking yang berharga di masa depan. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan bimbingan langsung dari praktisi yang berpengalaman dengan adanya mentorship.

4. Peluang kerja

Banyak perusahaan yang menerima pemagang untuk menilai calon karyawan potensial. Jika performa kamu dinilai baik saat menjadi pemagang, tak menutup kemungkinan kamu dapat direkrut menjadi karyawan tetap.

5. Menghasilkan income

Beberapa program magang menawarkan kompensasi finansial berupa gaji atau bantuan biaya hidup (BBH) jika kamu mengikuti MSIB yang diselenggarakan oleh Kemendikbudristek. Biasanya program ini dikenal dengan paid internship atau magang berbayar. Beberapa juga menyediakan tunjangan lainnya seperti transportasi dan akomodasi.

 

Baca juga: MSIB Batch 7 Jangan Lewatkan Kesempatan Terjun ke Dunia Industri

 

Setelah membaca manfaat magang apakah kamu tertarik dengan program ini? Apalagi jika ada tempat magang yang menyediakan keuntungan finansial dan dilengkapi dengan fasilitas lainnya! Jangan khawatir, salah satu program magang yang menyediakan semua fasilitas ini adalah Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) dari Kemendikbudristek. Nah, kabar baik nih! Kampusinovatif, telah bergabung menjadi mitra dalam program MSIB Batch 7. Kami menawarkan kesempatan magang yang tidak hanya mendapat keuntungan berupa upah, tapi juga memperkaya pengalaman kamu bekerja bersama dengan mentor professional. Jangan lewatkan kesempatan emas ini untuk bergabung bersama kami!

Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran, kunjungi situs web kami di Kampusinovatif.id. Kamu juga dapat mengikuti kami di media sosial untuk mendapatkan update terbaru dan informasi seputar program magang!


Penulis: Sarah Penyunting: Francois Rynasher Mamarimbing

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Artikel Terkait

Peran Gen Z dalam Meningkatkan Kesadaran Mental Health di Media Sosial
Sering Menggunakan AI untuk Riset? Ini Dia Peluang dan Tantangannya!
Optimize Gen Z Power! #LoveYourself to Overcome Mental Problems
Suara Generasi Z: Memecah Tabu, Membangun Kesadaran tentang Kesehatan Mental
Partisipasi Gen Z dalam Meminimalisir Gangguan Kesehatan Mental
Gen Z bukan Superman