Diterbitkan 07 Mei 2024

MSIB Batch 7: Jangan Lewatkan Kesempatan Terjun ke Dunia Industri!

Kabar gembira hadir untuk kamu yang sedang menunggu kesempatan magang, MSIB Batch 7 telah dibuka! Segera bersiap untuk bisa mencicipi dunia industri bahkan sebelum lulus dari perguruan tinggi. Pengalaman ini bisa menjadi langkah awal kamu memulai karir yang cemerlang. Simak selengkapnya di bawah!

Bimbingan Karir

Pers Kampusinovatif

Kunjungi Profile
872x
Bagikan

MSIB atau Magang dan Studi Independen Bersertifikat merupakan kesempatan magang yang memiliki banyak manfaat untuk mahasiswa. Karena selain memberikan pengalaman kerja profesional, program ini akan dikonversi sejumlah 20 SKS. Artinya, mahasiswa dapat fokus pada praktik kerja tanpa khawatir tidak bisa membagi waktu dengan kuliah.

Program magang yang diawasi langsung oleh Kemendikbudristek ini sudah terlaksana sepanjang 6 angkatan dan telah memberikan bukti konkrit dalam membantu mahasiswa memahami bidang yang mereka tekuni di bangku universitas. Di gelombang ke-tujuh ini kamu harus memanfaatkan kesempatan dengan baik dan jangan sampai terlewat! Karena Kemendikbudristek sudah menyediakan BBH atau bantuan biaya hidup sebesar Rp 2,8 juta per bulannya untuk semua peserta MSIB, lho.

 

Baca juga: Sering Menggunakan AI untuk Riset? Ini Dia Peluang dan Tantangannya

 

Tak berhenti disitu, MSIB juga memiliki fasilitas yang memudahkan kamu dalam proses magang, seperti penyediaan transportasi bagi peserta yang memilih lokasi penempatan di luar domisili atau lokasi universitas. Kemudian dilengkapi dengan mentorship yang akan membuat pengalaman magang kamu terarah dan mendapat wawasan dari praktisi di bidang tertentu. Pihak Kemendikbud memberikan standar kepada mitra yang diajak kerjasama untuk dapat menyediakan mentor yang akan membimbing peserta dengan ratio 1:10. Pada batch 7 ini, Kemendikbud menyediakan kuota sebanyak 49.610, dengan rincian magang 33.610 peserta dan studi independen 16.000 peserta.

 

Ilustrasi Magang dan Studi Independen (Foto: Pexels)

Lini Masa MSIB Batch 7

Sebelum menyiapkan dokumen-dokumen yang menjadi persyaratan pendaftaran, kamu juga harus mencermati jadwal dan tanggal penting yang menjadi lini masa MSIB batch 7. Berikut informasi jadwal yang dikutip dari Live YouTube Sosialiasi MSBI Angkatan 7 oleh akun Ditjen Diktiristek.

1. Pendaftaran: 16 April – 10 Juni 2024

Pada rentang ini kamu dapat mulai untuk melamar pada mitra yang tersedia. Pastikan kamu sudah membuat akun pada situs Kampus Merdeka, ya! Kamu dapat memilih mitra yang sesuai dengan bidang yang kamu tekuni dan jangan lupa untuk menyiapkan CV dan portofolio kamu. 

2. Proses verifikasi dan validasi pihak Universitas: 26 April – 12 Juni 2024

Salah satu syarat untuk dapat melamar pada program ini adalah dengan menyertakan dokumen rekomendasi dari perguruan tinggi. Tanpa validasi tersebut, mahasiswa tidak bisa mengikuti MSIB.

3. Seleksi dan penawaran oleh Mitra: 13 Juni – 12 Juli 2024

Tahap ini mungkin saja merupakan proses paling menegangkan. Di mana peserta akan dinyatakan lolos atau tidak pada mitra yang mereka tuju.

4. Pelaksanaan MSIB Batch 7: 6 Agustus – 20 Desember 2024

Magang ini dilaksanakan kurang lebih sama dengan satu semester perkuliahan atau 5-6 bulan lamanya. Diharapkan peserta dapat memaksimalkan waktu mereka untuk menyerap sebanyak-banyaknya ilmu di perusahaan mitra.

 

Baca juga: Kesulitan Problem Solving? Ini Strategi Jitu Menuju Solusi Terbaik

 

Syarat Pendaftaran

Setelah mencermati jadwal lini masa resmi MSIB batch 7, kamu perlu menyiapkan dokumen yang menjadi persyaratan untuk mendaftar MSIB. Persyaratan tersebut antara lain:

  1. Peserta MSIB merupakan mahasiswa dari seluruh Indonesia pada jenjang D2/D3/D4 atau mahasiswa S1 yang belum yudisium.
  2. Peserta pada jenjang D2/D3/D4 minimal sedang menempuh semester 2, sedangkan untuk mahasiswa S1 minimal semester 4.
  3. Data mahasiswa yang terdaftar pada situs PDDikti harus sesuai dengan KTP.
  4. Mendapatkan surat rekomendasi dari pihak universitas.
  5. Menyertakan CV atau Curriculum Vitae dengan format pdf.
  6. Menyertakan transkrip nilai terbaru.
  7. Menyertakan surat Pernyataan Tanggungjawab Mutlak (SPTJM) yang telah dilegalisir pihak universitas sesuai dengan ketentuan masing-masing.
  8. Memfoto atau scan
  9. Dapat menyertakan sertifikat pengalaman organisasi (tidak wajib).

Gimana? Setelah kamu mengetahui informasi seputar MSIB, apakah kamu tertarik untuk mengikuti program ini? Jika kamu berniat untuk daftar pada angkatan ini, kamu dapat mengakses informasi lebih lanjut pada laman ini.

Tak kalah penting, kamu juga harus menyusun strategi yang baik untuk dapat diterima di mitra yang kamu tuju. Banyak metode yang kamu bisa lakukan, salah satunya adalah dengan mencari tau taktik berhasil dari peserta MSIB di angkatan sebelumnya. Jangan bingung mau mencari informasi di mana, Kampusinovatif.id menyediakan wadah untuk kamu bisa mendapatkan informasi tersebut. Pada tanggal 15 Mei 2024 Kampusinovatif.id menyelenggarakan talkshow yang mengundang peserta MSIB batch 6 dengan berbagai jenis mitra yang berbeda untuk membagikan pengalaman dan motivasi untuk kamu! Jika kamu merasa perlu dibimbing lebih lagi, kamu juga bisa mengikuti mentoring yang akan dilakukan selama dua hari pada tanggal 18-19 Mei 2024. Tunggu apa lagi? Ayo daftar sekarang!

 

 


Penulis: Sarah Penyunting: Dwita

 

 

 

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Artikel Terkait

Siap untuk Menggebrak Dunia Advertising? Ini Daftar Agensi yang Menanti Kreativitasmu!