Diterbitkan 13 Mei 2024

Siap untuk Menggebrak Dunia Advertising? Ini Daftar Agensi yang Menanti Kreativitasmu!

Untuk kamu yang mempunyai minat di bidang periklanan dan ingin melanjutkan karir di masa depan di agensi ternama, artikel ini akan menyajikan daftar agensi yang dapat kamu pertimbangkan untuk menjadi goals karir kamu! Siapakah agensi-agensi ini? Jangan lewatkan untuk mengetahui lebih lanjut!

Bimbingan Karir

Pers Kampusinovatif

Kunjungi Profile
116x
Bagikan

Dengan berkembangnya zaman, mempengaruhi berubahnya pola konsumsi masyarakat. Kini, masyarakat sudah lebih sadar dan tidak mudah terpikat pada strategi marketing yang berulang, maka permintaan untuk membuat taktik periklanan yang kreatif dan efisien memikat konsumen mengalami peningkatan yang signifikan. Karena persaingan dunia periklanan yang semakin ketat, perusahaan merek akan sangat membutuhkan agensi periklanan sebagai penyambung antara pesan perusahaan dengan konsumen.

Artikel ini akan menyajikan pandangan terkait agensi-agensi advertising tanah air yang telah terkenal baik dalam mendistribusikan ide dan strategi marketing mereka. Kamu dapat menyusun taktik dan mempersiapkan diri dari sekarang agar dapat meraih karir cemerlang di agensi impian kamu!

 

Baca Juga MSIB Batch 7 Jangan Lewatkan Kesempatan Terjun ke Dunia Industri

 

Jenis Agensi Advertising

Sebelum masuk ke daftar agensinya, kamu perlu tau apa saja jenis-jenis agensi yang ada. Yang mana nih yang kamu banget?

1. Full-service

Agensi periklanan ini menawarkan layanan yang lengkap, mulai dari penyusunan strategi kreatif, memproduksi iklan serta memilih media mana yang menjadi pilihan publikasi. Karena banyak layanan yang disediakan oleh agensi jenis ini, maka pengerjaan satu proyeknya dapat memakan waktu yang sangat lama.

2. Digital

Agensi ini muncul sebagai respon industri periklanan terhadap perkembangan teknologi yang mulai berubah dari analog ke digital. Agensi ini berfokus pada strategi dan eksekusi pada media digital seperti periklanan dalam media sosial, situ ataupun aplikasi. Hari ini, agensi jenis ini memiliki banyak peminat karena dampak yang lebih kuat, lebih terarah serta lebih related dengan konsumen.

3. Spesialis

Seperti namanya, agensi ini terfokus pada bidang tertentu yang memerlukan pengetahuan dan keterampilan khusus untuk mengiklankan merek. Misalnya agensi yang menyediakan jasa khusus hubungan masyarakat, diperlukan pengetahuan yang mendalam yang tidak bisa ditemukan pada agensi jenis lain.

 

Ilustrasi Advertising Agency (Foto: Freepik)

 

Daftar Agensi Advertising

Berikut adalah agensi periklanan ternama dan telah banyak meraih pencapaian di Indonesia yang bisa menjadi pilihan kamu untuk berkarir di masa depan!

1. Dentsu

Agensi ini berasal dari Tokyo, Jepang dan didirikan pada tahun 1901. Saat ini mereka telah memiliki jaringan global pada lebih dari 145 negara. Dentsu merupakan agensi periklanan dengan jenis full-service, mereka menyediakan berbagai macam pelayanan untuk klien mulai dari riset hingga perencanaan media. Dentsu terkenal dengan fokusnya pada riset perilaku konsumen dan pasar yang mendalam sehingga agensi ini banyak menarik merek karena kampanye mereka yang sangat personal dan sesuai dengan kondisi konsumen klien yang membuat pesan merek dapat diterima dengan baik. Dentsu meraih banyak penghargaan diantaranya adalah New York Festival, Adfest dan Citra Pariwara. Beberapa klien yang pernah menggunakan jasa Dentsu adalah Toyota, Honda, Panasonic, Sony dan Pocari Sweat.

 

Baca Juga Ikuti Organisasi Ekstra Kampus Ini dan Dapatkan Nilai Plus di CV Kamu!

 

2. Ogilvy

Ogilvy berasal dari Amerika Serikat dan didirikan pada tahun 1948, kini mereka telah memiliki jaringan global pada kurang lebih 90 negara di dunia. Ogilvy juga merupakan agensi yang menyediakan jasa lengkap dan termasuk full-service agency. Ogilvy memiliki pengalaman mendalam pada penyusunan strategi, hubungan masyarakat hingga transformasi digital. Agensi ini terkenal karena telah bekerja untuk merek besar seperti Coca Cola, Dove, American Express dan sebagainya. Karena keberhasilan mereka pada industri periklanan, Ogilvy meraih penghargaan Creative Agency of The Year pada Campaign Asia-pacific of The Year dan Yellow Pencil yang diselenggarakn di Inggris.

3. Narrada Communications

Agensi ini juga merupakan full-service agency yang didirikan di Jakarta pada tahun 2002. Layanan Narrada meliputi startegi dan branding, pembuatan konten kreatif, digital marketing, public relation bahkan hingga event management. Narrada selalu mengikuti tren komunikasi yang sedang ramai dibicarakan sehingga dapat membantu merek untuk senantiasa related dengan kehidupan konsumennya. Klien besar yang pernah menggunakan jasa Narrada adalah Telkomsel, Google, Samsung dan Lipton. Penghargaan paling baru yang diberikan pada Narrada adalah penghargaan Citra Pariwara dalam tujuh kategori di tahun 2022.

4. Hepi Inc

Agensi ini merupakan agensi spesialis yang bergerak di bidang public relation. Didirakan di Jakarta pada tahun 2015. Hepi inc memiliki slogan “We are Communication Boutique” dan bertujuan untuk membantu merek mempunyai kesan yang positif di mata publik dan memiliki dampak baik yang berkelanjutan dengan kemasan yang menyenangkan dan kreatif. Layanan mereka mencakup public relation tool, kegiatan public relation, dan pelatihan. Klien yang pernah menggunakan jasa agensi ini antara lain Tokopedia, BCA dan Dancow.

Itu dia daftar beberapa agensi yang dapat kamu pelajari jika ingin berkarir di industri periklanan. Pilihlah agensi yang tepat menurut tujuan karir kamu, pelajari budaya dan portofolio agensi yang kamu tuju untuk melihat apakah perusahaan tersebut sesuai dengan kamu! Tidak kalah penting, kamu juga perlu mengumpulkan banyak portofolio untuk meyakinkan rekruter saat kamu melamar kerja. Jangan panik, Kampusinovatif.id hadir untuk membantu kamu mengembangkan berbagai skill yang akan berguna di dunia kerja. Jangan lupa cek platform dan ikuti kelasnya ya!


Penulis: Sarah Penyunting: Dwita

 

 

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Artikel Terkait

MSIB Batch 7: Jangan Lewatkan Kesempatan Terjun ke Dunia Industri!