Diterbitkan 11 Okt 2024

Kenali Karya-Karya Penulis Muda, Giantara Alam

Artikel ini akan memperkenalkan karya-karya milik Giantara Alam, seorang penulis muda berbakat Indonesia. Simak artikel ini selengkapnya untuk kenal lebih jauh!

Kelas Kampus Inovatif

46x
Bagikan

Giantara Alam atau yang biasa dipanggil dengan Gia, merupakan seorang penulis muda yang dikenal di kalangan anak-anak muda Indonesia, terutama para wanita. Gia sudah dikenal sejak tahun 2019 sebagai penulis fanfiction, spesifiknya adalah Alternate Universe (AU).

Buat yang belum tahu soal definisi alternate universe nih ya, jadi sederhananya cerita ini dibuat oleh penggemar terhadap idolanya. Cerita ini bersifat fiktif dan imajinatif sesuai dengan keinginan penulis, tanpa ada keterkaitan dengan kehidupan asli sang idola. Biasanya, penggemar hanya terinspirasi atas apa yang dilakukan oleh idolanya, kemudian membuat cerita yang disesuaikan dengan imajinasinya.

Hal ini yang dilakukan oleh Gia saat memulai karirnya dalam menulis. Pada awalnya, Gia mengawali perjalanan menulisnya dengan membuat potongan-potongan cerita singkat Alternate Universe (AU) di akun Twitter miliknya pada tahun 2019. Saat, itu belum banyak yang mengetahui mengenai tulisan-tulisan alternate universe. Gia sendiri saat itu memulai untuk menulis cerita ini karena iseng dan memang saat itu belum banyak yang menulis hal tersebut.

Berawal dari situ, Gia justru semakin jatuh cinta pada dunia penulisan. Ia semakin aktif untuk menulis berbagai cerita di laman twitter-nya. Hingga akhirnya, ia mampu dan mendapat kesempatan untuk menerbitkan karya tulisnya di sebuah publisher, yaitu Bukune.

Hingga saat ini, terdapat 2 karya tulis buku yang sudah berhasil diterbitkan oleh Gia. Mau tahu apa aja? Yuk simak selengkapnya!

“My Youth”

“My Youth” adalah karya buku pertama yang berhasil diterbitkan oleh Gia melalui Bukune. Buku ini pertama kali dirilis pada 1 April, 2022 dengal total 456 halaman.

Buku ini berangkat dari kumpulan cerita alternate universe milik Gia di laman twitter- nya dengan judul yang sama. Bukune terlihat tertarik dengan cerita tersebut dan kemudian menghubungi Gia untuk melakukan kerja sama dalam menerbitkan cerita ini menjadi buku.

My Youth sendiri menceritakan kisah dua muda-mudi, yaitu Kala dan Clara. Dulunya, mereka hanyalah sekedar teman diskusi. Clara merasa nyaman dan senang saat mengobrol dengan Kala. Menurutnya, Kala mampu mendengar dan memberikannya perhatian penuh.

Namun, sulit sekali bagi Clara untuk mengetahui arti rasa nyaman dan perasaan ini. Hal ini disebabkan oleh karakter Clara yang sulit dimengerti. Ia selalu merasa bahwa banyak hal rumit yang terjadi dalam dirinya.

Meski begitu, takdir selalu menghantarkan mereka untuk saling terikat. Penasaran kan sama cerita lengkapnya? Kamu bisa langsung beli bukunya di toko buku terdekat ya!

“My Universe”

Buku kedua yang dibuat oleh Gia terbit setahun kemudian. Lebih tepatnya pada Agustus 2023 dengan publisher yang sama, yaitu Bukune.

Sama seperti karya sebelumnya, “My Universe” juga diangkat dari karya alternate universe yang pernah ditulis oleh Gia pada laman twitter-nya. Buku ini merupakan “adik” dari cerita “My Youth” dimana terdapat keterkaitan cerita antara kedua buku ini.

Sedikit berbeda dengan buku pertama, kali ini karakter yang dibangun oleh Gia pada buku ini sedikit lebih kelam. Karakter yang diangkat di buku ini bernama, Rama dan Nala. Keduanya memiliki masalah yang sama, yaitu pencarian jati diri.

Rama sudah lama bertanya-tanya mengenai jati dirinya, sebab mimpi-mimpinya sudah lama ditimbun karena beban yang ditanggung. Sedangkan Nala, ia selalu berusaha untuk mencari jati dirinya, namun selalu berujung pada rasa frustasi.

Buku ini banyak berbicara tentang problematika anak remaja dan perspektif-perspektif anak muda saat menghadapi permasalahan terkait pencarian jati diri. Kamu penasaran ceritanya? Kamu juga bisa beli buku ini di toko buku terdekat ya!

Atau justru kamu penasaran dengan penulisnya? Kamu ingin mendalami dunia kepenulisan?

Kampus Inovatif punya jawaban buat kamu! Yuk ikutan Kelas Kepenulisan Kampus Inovatif dengan Giantara Alam dengan tema “Merangkai Kata Jadi Karya.”

So, what are you waiting for? Kamu bisa langsung daftarkan diri kamu di sini!

Kamu dapat mengikuti kelas online by KampusInovatif.id. Ada banyak pilihan kelas yang dapat kamu sesuaikan dengan minat dan kebutuhan, mulai dari Kelas Cerdas Digital, Kelas Karir Profesional, hingga Kelas Tugas Akhir. Dengan mengikuti kelas ini kamu tidak hanya akan memperoleh bekal karier, namun juga akan lebih disiplin terhadap waktu karena setiap pertemuan dijadwalkan secara rutin.

Tunggu apalagi? Yuk, kunjungi website KampusInovatif.id sekarang juga!


Penulis: Audrey | Penyunting: Dwita

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Artikel Terkait

Kelas Profesional Kampus Inovatif Edisi Oktober 2024

Event

03 Oktober 2024
2 min
Sisi Positif Gen Z Dalam Berteknologi
2 min
Tips & Trick Marketing Design Efektif!

Event

14 Oktober 2024
3 min
Tantangan Ketahanan Mental Menjelang Indonesia Emas: Apa Peran Generasi Z?
7 min
Kerja Berdasarkan Passion, Emang Boleh?

Event

20 September 2024
2 min
Kontribusi Peran Gen Z dalam Membangun Resiliensi dan Kesejahteraan Subjektif

Bayu Rachmantyo

30 Juni 2024
4 min