Diterbitkan 08 Okt 2024

Kampus Inovatif Bantu Tingkatkan Potensi Karier Gen-Z Pada Kegiatan BEM FEB UPN “Veteran” Yogyakarta

Artikel ini membahas terkait materi-materi yang disampaikan oleh Kak Ikhsan Putra, sebagai pemateri dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh BEM FEB UPN “Veteran” Yogyakarta guna mendukung potensi dan perkembangan karier Gen-Z di masa depan.

Bimbingan Karir

49x
Bagikan

Sabtu, 05 Oktober 2024, Career Development Centre (CDC), di bawah naungan Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta (BEM FEB UPNVY), melakukan kegiatan seminar untuk mendukung perkembangan potensi karier para mahasiswa FEB UPNVY.

Kegiatan seminar ini diberi judul utama “Career Acceleration : Steep Up Your Career Game.” Seminar ini ditujukan sebagai bentuk kontribusi BEM FEB UPNVY dalam membantu untuk mengarahkan serta meningkatkan kemampuan para mahasiswa dalam membangun potensi karier sedari dini, dimulai dari masa perkuliahan. Oleh karena itu, kegiatan ini mengambil subtema, yaitu “Gen-Z Career Guide: The Importance of Career Planning, Success on Job Interview, and The Impact of Resume.”

Dalam kegiatan ini, Kampus Inovatif, sebagai platform yang berfokus dalam mendukung perkembangan potensi mahasiswa dari berbagai aspek, turut berkontribusi dalam membagikan materi. Ikhsan Putra Budiman, selaku Head of Operation dan Product Development GuruInovatif.id menjadi pembicara dalam kegiatan ini. Seperti yang diketahui, GuruInovatif.id dan KampusInovatif.id merupakan satu kesatuan yang saling mendukung dan berasa di bawah perusahaan yang sama, yaitu PT Inovasi Ekosistem Pendidikan (Member of Hasnur Group)

Pada kesempatan ini, Kak Ikhsan menyampaikan materi yang berfokus dalam pemilihan dan perencanaan karier untuk para mahasiswa.

Job vs Career?

Ketika diberi pertanyaan pilih kerja atau karier? Kamu bakal jawab apa? Atau malah bingung perbedaan keduanya?

Dalam seminar ini, Kak Ikhsan mengawali dengan memberi pertanyaan tersebut. Kemudian ia memberikan penjelasan terkait definisi keduanya. Job atau pekerjaan dapat didefinisikan sebagai rangkaian kegiatan yang dilakukan untuk memperoleh uang. Pekerjaan biasanya dilakukan untuk mendukung kebutuhan kehidupan kamu di masa sekarang, bukanlah kegiatan yang berfokus untuk dapat menciptakan pencapaian-pencapaian di masa depan.

Hal ini tentu berbeda dengan karier. Kamu pasti sering mendengar jenjang karier bukan? Karier merupakan suatu kegiatan yang dilakukan secara bertahap dan dibangun untuk mengisi pengalaman secara profesional seumur hidup. Tujuan karier juga berbeda dengan pekerjaan. Karier memiliki tujuan untuk memenuhi ambisi dan tujuan hidup.

Untuk membangun karier, tentu terdapat tahapan-tahapan yang perlu dilewati seseorang, seperti:

Tahap 1. Exploration (21-25 tahun)

Tahap 2. Establishment (25-35 tahun)

Tahap 3. Mid-career (35-45 tahun)

Tahap 4. Late career (45-55 tahun)

Tahap 5. Decline (55-65 tahun)

Untuk menghadapi tahapan-tahapan jenjang karier ini, tentu kamu perlu untuk mempersiapkan rancangan atau rencana-rencana yang ingin dibangun sedari dini.

The Importance of Career Plans Making

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, membangun karier tidaklah mudah. Butuh tahapan-tahapan dan proses panjang yang harus dilalui seumur hidup. Oleh karena itu, perlu sebuah rancangan matang yang harus dipersiapkan sebelum kamu terjun ke dalam dunia tersebut.

Career plans sendiri adalah sebuah strategi yang akan terus kamu kembangkan untuk mendukung proses belajar dan perkembangan kamu saat terjun ke dunia berkarier. Kegunaan career plans ini adalah untuk mengurangi resiko saat membuat keputusan yang impulsif serta menjadi tolak ukur kesiapan dirimu dalam mencari peluang karier baru atau ingin belajar skills baru.

Lantas, apa yang perlu kamu lakukan untuk membuat sebuah career plans?

1. Identify Your Skills and Interest

Untuk mengawali proses perencanaan jenjang kariermu, pastikan kamu sudah mengetahui kemampuan serta minat bakat yang kamu miliki. Hal ini dapat membantu kamu untuk mengetahui bidang yang ingin kamu geluti nantinya. Kalau kamu masih bingung akan minat dan bakat yang kamu miliki, kamu bisa mulai dengan bertanya kepada dirimu mengenai hal berikut ini:

  1. Apa kemahiran saya?

  2. Apa kegiatan yang saya sukai dan dapat membangun motivasi dan nilai dalam diri saya?

  3. Kegiatan apa yang paling saya sukai selama berkuliah?

  4. Pola hidup seperti apa yang ingi saya terapkan di masa depan?

  5. Hal apa yang saya ingin capai dalam berkarier?

  6. Hal apa yang penting dalam hidup saya?

2. Explore Career Ideas

Saat kamu sudah mengetahui minat dan bakat yang dimiliki, kamu sudah bisa mulai menjelajahi berbagai jenis karier yang berhubungan dengan bidang yang ingin kamu geluti nih. Kamu bisa mulai mencari di berbagai platform job market ya!

Setelah melakukan eksplorasi jenis pekerjaan yang sekiranya sesuai dengan bidang yang ingin digeluti, kamu dapat menyortir 5-10 bentuk pekerjaan sesuai dengan kriteria berikut:

  1. Perkembangan karier

  2. Employment outlook

  3. Kebutuhan pendaftaran

  4. Deskripsi pekerjaan

  5. Pekerjaan yang bersinggungan

  6. Pendapatan dan keadaan

  7. Pelatihan

3. Make A Decision

Ketika kamu sudah berhasil memilih dan menyortir jenis-jenis pekerjaan yang sesuai dengan minat bakat yang dimiliki. Kamu sudah dapat membuat keputusan atas jenis pekerjaan yang benar-benar ingin kamu fokuskan kedepannya. Kamu dapat memutuskan hal ini dengan mempertimbangkan hal berikut:

  1. Apakah saya akan menikmati pekerjaan ini setiap hari?

  2. Apakah janis pekerjaan ini sudah memenuhi sebagian besar preferensi saya dalam berkarier?

  3. Apakah saya sudah memiliki skill yang sesuai dengan pekerjaan ini?

  4. Apakah perusahaan yang dituju sesuai dengan nilai-nilai yang ditanamkan dalam diri saya?

  5. Apakah terdapat syarat domisili, latar belakang ekonomi, ataupun skill tertentu agar saya dapat berkecimpung di perusahaan dan pekerjaan ini?

  6. Apakah beban pekerjaan sesuai dengan gaji yang akan didapatkan?

4. Set Achievable Goals

Setelah berhasil memetakan hal-hal berkaitan dengan pekerjaan dan perusahaan yang dituju, kamu dapat mulai membuat berbagai goals yang ingin dicapai ya! Hal-hal ini meliputi bagaimana cara kamu untuk dapat bekerja di perusahaan tersebut dan di bidang yang kamu minati. Selanjutnya, kamu menentukan langkah seperti apa yang harus kamu lakukan untuk membangun portofolio yang dapat mendukung kamu agar dapat bekerja di bidang tersebut.

Kamu perlu memisahkan goals ke dalam periode durasi ya, jangka pendek, sedang, dan panjang. Jangan lupa juga untuk terus mengulas kembali progres-progres yang kamu lewati ya!

Tips Sukses Dalam Berkarier!

Dalam berkarier, kamu tentu memiliki tahapan-tahapan tertentu yang perlu dilalui untuk dapat terjun ke dalam dunia pekerjaannya. Hal ini dimulai dari pencarian loker karier. Kalau kamu ingin berhasil dalam mencari loker karier, kamu perlu mempertimbangkan tips-tips berikut ini:

  1. Buat rencana matang

  2. Cari lowongan pada berbagai platform

  3. Pahami industri pekerjaan

  4. Bangun skills yang dapat mendukung kemampuan dalam bekerja sembari menunggu panggilan kerja

  5. Melakukan penyesuaian pada CV atau resume sesuai dengan bidang pekerjaan dan perusahaan butuhkan

  6. Gunakan media sosial untuk mencari lowongan pekerjaan dan informasi terkait

  7. Riset pihak-pihak yang dapat berpotensi untuk mempekerjakan kamu sesuai dengan bidang yang kamu ingini

  8. Siapkan jawaban-jawaban untuk wawancara

Nah, kalau kamu sudah berhasil dihubungi oleh perusahaan yang kamu daftar, selanjutnya terdapat beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk berhasil dalam tahapan seleksi, seperti:

  1. Perhatikan setiap detail

  2. Patuhi semua peraturan yang disampaikan

  3. Tunjukkan portofolio sebaik mungkin

  4. Perdalam riset atas bidang pekerjaan dan perusahaan, kemudian latihan untuk wawancara

  5. Poin terpenting adalah kamu harus percaya diri ya!

Untuk mendapatkan bidang yang sesuai dengan jenjang karier yang ingin dibangun, kamu harus mampu mempersiapkan rancangan karier sedari dini dan mempersiapkan dirimu untuk dapat bersaing di dunia pekerjaan. Tunjukkan bahwa kamu adalah kandidat terbaik yang dapat dipilih di antara para pesaing lainnya!

Maka dari itu, kamu bisa memulai untuk membangun berbagai skill sesuai dengan minat dan bakat kamu melalui platform KampusInovatif.id. Ada banyak pilihan kelas yang dapat kamu sesuaikan dengan minat dan kebutuhan, mulai dari Kelas Cerdas Digital, Kelas Karier Profesional, hingga Kelas Tugas Akhir. Dengan mengikuti kelas ini kamu tidak hanya akan memperoleh bekal karier, namun juga akan lebih disiplin terhadap waktu karena setiap pertemuan dijadwalkan secara rutin.

Tunggu apalagi? Yuk, kunjungi website KampusInovatif.id sekarang juga!


Penulis: Audrey | Penyunting: Dwita

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Artikel Terkait

Siap untuk Menggebrak Dunia Advertising? Ini Daftar Agensi yang Menanti Kreativitasmu!
3 min
MSIB Batch 7: Jangan Lewatkan Kesempatan Terjun ke Dunia Industri!
3 min