Diterbitkan 14 Okt 2024

Tips & Trick Marketing Design Efektif!

Artikel ini akan membahas seputar tips & trick yang dapat kamu lakukan untuk membuat desain pemasaran kamu lebih efektif dan menembus pasar. Penasaran gimana? Yuk simak artikel ini selengkapnya!

Kelas Kampus Inovatif

23x
Bagikan

Desain dalam sebuah proses pemasaran merupakan salah satu hal yang penting. Hal ini dikarenakan bahwa desain tersebut mampu menyampaikan pesan mengenai brand tersebut kepada masyarakat luas.

Desain pemasaran dapat dijuluki sebagai tampilan wajah dari sebuah brand. Tampilan wajah atau identitas brand ini dapat menjelma menjadi berbagai produk pemasaran , seperti logo, iklan, konten, dan berbagai hal lainnya.

Seluruh hal yang berhubungan dengan brand tersebut pasti akan ditampilkan melalui desain pemasarannya. Tapi, sebenernya kenapa ya hal ini perlu banget untuk dieksekusi dengan maksimal?

Pentingnya Desain Pemasaran

1. Desain Mampu Menguatkan Identitas Brand

Hal yang perlu diperhatikan sebelum anda memulai untuk melakukan desain pemasaran adalah menentukan konsep desain, color palette, typography, dan ilustrasi yang akan digunakan untuk mengkomunikasikan identitas brand.Keseluruhan elemen desain ini harus diterapkan secara konsisten sehingga nantinya mampu efektif dalam memperkuat identitas brand tersebut.

2. Desain Grafis Membantu Keterikatan Audiens secara Digital

Wujud visual dari desain grafis yang apik dan menarik mampu meningkatkan keterikatan user dengan brand. Hal ini dikarenakan tampilan yang menarik dianggap mampu memanjakan mata user serta membantu mereka untuk terus teringat akan identitas dan pesan dari brand tersebut.

3. Desain Memperkuat Emosi

Kamu tau ga sih kalau desain itu bukan hanya untuk memanjakan mata loh, tetapi juga bisa memperkuat emosi kita terhadap suatu brand. Sebuah brand dengan eksekusi desain yang baik akan mampu menyalurkan emosi positif kepada audiensnya. Desain tersebut akan membantu audiens untuk selalu senang dalam mengulik produk-produk brand tersebut dan pada akhirnya akan menimbulkan rasa percaya pada brand.

4. Desain Mampu Memisahkan Brand dari Persaingan Pasar

Dalam persaingan pasar antar brand, sebuah desain yang apik dan melekat tentu akan memenangkan perselisihan ini. Hal ini tentu karena desain yang apik akan lebih melekat di ingatan para target pasar dan akan terus diandalkan oleh pembeli atau user.

Tips & Tricks Marketing Design

1. Ketahui Audiens dan Media Pemasaran

Sebuah desain pemasaran yang efektif tentu akan didasari oleh riset karakter audiens dan media pemasarannya. Agar desain kamu bisa masuk ke pasar yang tepat, maka kamu harus menyesuaikan desainmu sesuai dengan target demografi. Setelah itu, baru kamu dapat menentukan media yang efektif untuk kamu memasarkan produk agar dapat dijangkau oleh target pasarmu.

2. Mengacu pada Brand Guidelines

Pastikan bahwa kamu sudah menentukan brand guidelines sehingga setiap desain yang disajikan akan sesuai dengan hal tersebut. Sehingga, brand kamu akan diingat dengan identitasnya yang kuat di khalayak.

Kalau kamu menyasar pada generasi milenial ke bawah, pastikan bahwa kamu memiliki brand guidelines yang autentik. Semakin autentik sebuah brand, maka kaum muda akan semakin terpikat dan loyal kepada brand kamu.

3. Perhatikan “White Space”

Istilah white space yang digunakan dalam dunia desain, tidak selalu dimaksud dengan ruang atau warna putih pada desain. Melainkan, dapat diartikan juga sebagai solid color, pattern, atau foto pada background. White space ini adalah segala sesuatu yang terletak di antara dan belakang elemen yang kamu tonjolkan dalam desain.

Hal ini perlu untuk diperhatikan agar desain kamu terlihat balance dan dinamis antara elemen yang ditonjolkan dengan background.

4. Buatlah Desain yang Simple

Mungkin kamu merasa bahwa semakin banyak elemen yang ditonjolkan akan membuat mata audiens tertarik dengan desainmu. Namun, perlu diketahui bahwa desain yang kompleks justru membuat audiens tidak menangkap pesan dari desain tersebut.

Maka dari itu, just keep it simple. Hal ini dapat dimulai dengan hanya menggunakan 2 font tetap untuk seluruh desain dan menggunakan warna-warna yang tetap sesuai dengan identitas brand. Hal ini akan membuat desain kamu terlihat lebih bersih, rapi, dan mengundang perhatian audiens.

5. Ketahui Alasan dan Tujuan Desain

Terakhir, kamu perlu untuk mengetahui alasan dan tujuan desain yang ingin dibuat. Hal ini akan membantu untuk sebuah desain tersebut agar lebih terarah dan pesannya tersampaikan kepada audiens.

Dengan kamu mengetahui alasan dan tujuan desain, maka kamu akan membuat desain tersebut sesuai dengan tujuannya, baik dari segi target audiens maupun pesan yang ingin disampaikan.

Sebenernya masih banyak banget loh yang bisa kamu ulik mengenai marketing design ini. Nah, kalau kamu pengen tahu lebih banyak, mending segera daftar di kelas desain by Kampus Inovatif aja yuk!

So, what are you waiting for? Kamu bisa langsung daftarkan diri kamu di sini!

Kamu dapat mengikuti kelas online by KampusInovatif.id. Ada banyak pilihan kelas yang dapat kamu sesuaikan dengan minat dan kebutuhan, mulai dari Kelas Cerdas Digital, Kelas Karir Profesional, hingga Kelas Tugas Akhir. Dengan mengikuti kelas ini kamu tidak hanya akan memperoleh bekal karier, namun juga akan lebih disiplin terhadap waktu karena setiap pertemuan dijadwalkan secara rutin.

Tunggu apalagi? Yuk, kunjungi website KampusInovatif.id sekarang juga!


Penulis: Audrey | Penyunting: Dwita

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Artikel Terkait

Referensi Judul Skripsi dan Panduan untuk Menyusunnya

Pers Kampusinovatif

08 Februari 2024
2 min
Generasi Z dan Upaya Fasilitator Sebaya guna Mewujudkan Kualitas Mental yang Berdikari

Hana Rusmalia

30 Juni 2024
3 min
"DAILING" (Da'i Keliling) Media Gen Z sebagai Agents of Change for Mental Health

rucita aliya

01 Juli 2024
6 min
Kontribusi Peran Gen Z dalam Membangun Resiliensi dan Kesejahteraan Subjektif

Bayu Rachmantyo

30 Juni 2024
4 min
Kelas Profesional Kampus Inovatif Edisi Oktober 2024

Event

03 Oktober 2024
2 min
Hidup sehat ala Gen Z: Menjaga kesehatan mental juga penting!
3 min