Diterbitkan 20 Jun 2024

6 Langkah Praktis Meningkatkan Produktivitas

Menjadi mahasiswa memang tidak mudah, apalagi kamu akan menghadapi tuntutan akademik yang semakin tinggi. Dalam artikel ini, kamu akan menemukan tentang strategi yang dapat membimbing kamu untuk meningkatkan produktivitas sebagai mahasiswa. Penasaran apa saja taktiknya? Simak selengkapnya!

Pengembangan Diri

Pers Kampusinovatif

Kunjungi Profile
31x
Bagikan

Menjadi mahasiswa memang tidak mudah, apalagi kamu akan menghadapi tuntutan akademik yang semakin lama semakin tinggi. Tak jarang mahasiswa merasa overwhelmed dan burn out akibat padatnya jadwal kuliah, tugas yang menumpuk, belum lagi kegiatan kampus, dan organisasi. Kondisi seperti itu akan sangat mempengaruhi produktivitas kamu sebagai mahasiswa, jadi kamu perlu mengetahui dengan baik cara melatih kemampuan mengatur waktu dan energi agar dapat mencapai goals yang telah kamu tentukan. Penting untuk kamu ketahui, produktivitas bukan hanya soal bekerja keras melainkan juga bekerja cerdas dengan mengoptimalkan sumber daya yang kamu punya sehingga prosesnya menjadi efektif. Dalam artikel ini, kamu akan menemukan tentang langkah dan strategi yang dapat membimbing kamu untuk meningkatkan produktivitas sebagai mahasiswa. Penasaran apa saja taktiknya? Simak selengkapnya!

Ilustrasi Produktif (Foto: Canva)

1. Setting Goals

Penting untuk tahu apa yang kamu ingin tuju, baik dalam jangka pendek maupun panjang. Tujuannya adalah agar proses yang kamu lakukan nantinya terarah, terfokus, dan tidak lagi meraba-raba apa langkah yang harus dipilih. Dalam waktu yang bersamaan, kamu bisa saja memiliki goals lebih dari satu, sehingga keterampilan memanajamen menjadi sangat penting.  Misalnya, goals kamu adalah ingin melanjutkan pendidikan S2 di luar negeri, kamu dapat mempertimbangkan organisasi yang bisa memfasilitasi kamu networking dan bertemu dengan teman yang mempunyai minat sama atau bahkan dapat menjembatani kamu bertemu orang dengan pengalaman terkait. Pastikan goals yang kamu tentukan bersifat visioner dan inspiring, agar kamu bisa semangat untuk mengusahakannya!

 

Baca juga: 9 Jurusan Sepi Peminat dengan Prospek Menjanjikan

 

2. Setting Target

Apa bedanya target dan goals? Jadi, ketika kamu menentukan target artinya kamu menentukan langkah-langkah kecil yang akan membantumu mencapai goals besar. Seperti saat kamu ingin melanjutkan pendidikan di luar negeri, kamu harus bisa berbahasa Inggris di level tertentu. Kamu perlu mempunyai target bagaimana cara meningkatkan kemampuan atau bagaimana cara mendapat sertifikasi bahasa Inggris yang diperlukan. Berbeda dengan goals yang harus visioner, dalam menentukan target kamu perlu realistis dan bisa terukur setiap jangka waktu tertentu.

3. Making Plan and Scheduling

Setelah menentukan tujuan dan target, kamu bisa mulai menyusun rencana aksi dan tugas sesuai dengan target kamu. Sortir target mana yang kamu prioritaskan dan buat  jadwal yang teratur agar semua tujuan kamu dapat terlaksana secara efisien. Misalnya kamu punya tujuan untuk lulus tepat waktu dalam kurun waktu 4 tahun, di saat yang bersamaan kamu ingin melanjutkan pendidikan di luar negeri. Kamu perlu mengatur jadwal kapan kamu akan mengerjakan tugas kuliah dan kapan kamu akan kursus bahasa Inggris. Biasakan untuk membuat jadwal yang rinci, baik perhari atau perminggu, jangan lupa untuk dilengkapi dengan waktu yang spesifik agar membiasakan kamu untuk disiplin dan menghargai waktu. Kamu bisa menggunakan tools seperti Google Calendar untuk menandai setiap kegiatan yang akan kamu lakukan, kamu juga bisa mengatur alarm agar memudahkan kamu mengetahui batas-batas waktu tiap kegiatannya.

 

Baca juga: Jangan Sampai Menjadi Salah Satunya! Ini Solusi Atasi Gen Z Menganggur

 

4. Take Action

Setelah serangkaian proses perencanaan yang telah kamu susun, waktunya kamu bangun momentum dan implementasikan rencana tersebut dengan aksi nyata. Jangan lupa untuk konsisten dan jaga keseimbangan dengan waktu istirahat. Jangan ragu untuk mengambil waktu istirahat atau melakukan kegiatan melepas stres lainnya untuk dapat mengerjakan kegiatan lebih efisien dan fokus.

5. Evaluasi

Kamu perlu mengevaluasi apakah target dan rencana kamu sudah sesuai dan apakah kamu nyaman saat menjalaninya. Identifikasi di mana kamu dapat meningkatkan produktivitas serta sesuaikan dengan kebutuhan dan tantangan yang akan kamu hadapi.

Dengan menerapkan tips-tips praktis ini, kamu sebagai mahasiswa dapat mengelola tanggung jawab akademik dengan lebih baik, meraih prestasi yang lebih tinggi, sekaligus meningkatkan kualitas hidup kamu! Untuk kamu yang ingin meningkatkan produktivitas kamu bisa mengunjungi  Kampusinovatif.id di dalamnya terdapat banyak pelatihan dan tips yang dapat membantu kamu lebih produktif dan kreatif! Tunggu apa lagi? Jangan lupa untuk mengunjungi media sosial Kampusinovatif.id untuk informasi lebih lanjut!


Penulis: Sarah Penyunting: Francois Rynasher Mamarimbing

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Artikel Terkait

Ikuti Organisasi Ekstra Kampus Ini dan Dapatkan Nilai Plus di CV Kamu!
Generasi Z: Memimpin Perubahan dalam Mengatasi Stigma Kesehatan Mental di Indonesia
5 Daftar Konten Kreator yang Dapat Membantumu Seputar Kemahasiswaan!
Ngabuburit Produktif!: Jangan Biarkan Ramadhan Kamu Sia-sia!
Menghancurkan Stigma: Membangkitkan Generasi Z sebagai Pelopor Kesehatan Mental
Pahlawan Tanpa Jubah Dalam Transformasi Kesehatan Mental