Diterbitkan 04 Jun 2024

5 Daftar Konten Kreator yang Dapat Membantumu Seputar Kemahasiswaan!

Kalau selama ini kamu menggunakan media sosial untuk mencari hiburan saja, kamu belum memaksimalkan peluangnya nih! Banyak konten kreator yang membahas seputar kehidupan mahasiswa dan bisa kamu adopsi caranya jika menemukan masalah yang sama di dunia nyata. Penasaran siapa saja? Cek daftar di bawah!

Pengembangan Diri

Pers Kampusinovatif

Kunjungi Profile
83x
Bagikan

Dalam sehari apakah kamu bisa menghitung berapa konten yang kamu baca atau tonton di media sosial? Konten media sosial telah menjadi kebutuhan harian khususnya bagi generasi muda seperti kamu. Karena media yang sudah mengalami transformasi ini, pencarian informasi juga menjadi berubah. Sekarang kamu bisa menemukan informasi secara cepat dengan akses yang mudah melalui internet. Informasi ini kemudian yang dinamakan konten. Dalam media sosial, banyak jenis konten yang tersebar, mulai dari entertainment, kesehatan, tips-tips keseharian sampai edukasi.

Banyak yang terbantu dengan informasi bermanfaat di internet, salah satunya adalah mahasiswa. Kamu pasti sering mencari tips atau hack untuk memudahkan tugas sebagai mahasiswa, persiapan menuju karir di masa depan atau self upragding. Kalau selama ini kamu menggunakan media sosial untuk mencari hiburan saja, kamu belum memaksimalkan peluangnya nih! Banyak konten kreator yang membahas seputar kehidupan mahasiswa dan bisa kamu adopsi caranya jika menemukan masalah yang sama di dunia nyata. Konten kreator ini tersebar di berbagai platform seperti TikTok, Instagram atau YouTube. Penasaran siapa saja yang bisa kamu lihat kontennya? Cek daftar di bawah!

 

Ilustrasi Konten Kreator (Foto: Canva)

1. Ira Mirawati

Ibu Ira Mirawati merupakan seorang dosen dari Universitas Padjajaran, Fakultas Ilmu Komunikasi. Konten kreator yang satu ini berbasis di platform TikTok dengan nama pengguna @buiramira dan telah memiliki pengikut sebanyak 1.1 juta. Bu Ira mengangkat konten yang membahas soal kehidupan mahasiswa, khususnya perihal tugas akhir atau skripsi. Dosen yang memiliki citra ceria ini kerap membagikan saran dan tips yang harus dilakukan saat sidang skripsi. Ia berbagi contoh pertanyaan yang biasa muncul saat sidang dan berbagi persektif dari dosen. Kredibilitas Ibu Ira sangat tinggi karena latar belakangnya yang juga seorang dosen, sehingga banyak dari pengguna TikTok menjadikan konten dari akunnya untuk dijadikan acuan dalam penyusunan tugas akhir atau sidang.

2. Eliana Rosyadah

Konten kreator yang satu ini juga berbasis di TikTok dengan nama pengguna @elianarsyd dan memiliki 112.4 ribu pengikut di akun miliknya. Secara keseluruhan Eliana mengangkat seputar karir khususnya freelance, magang dan dunia menulis atau copywriting. Ia memberikan banyak motivasi bagi mahasiswa berdasarkan dengan perjalanan nyatanya dahulu. Karena berdasar kisah nyata, semakin banyak orang yang percaya dan mengikuti saran juga tips darinya. Di akunnya, Eliana memiliki playlist sesuai dengan apa yang dia bahas, di antaranya adalah mengenai CV dan portofolio, scholarship atau beasiswa, freelance, copywriting, magang dan lainnya. Dengan ini memudahkan kamu untuk menemukan informasi yang sesuai kebutuhan.

 

Baca juga: 8 Tips Kepenulisan: Panduan Membuat Artikel Populer yang Menarik

 

3. Arnantyo Naresyworo

Dengan nama pengguna @arnantyo yang berbasis di Instagram, Arnantyo memiliki 46.6 ribu pengikut. Ia merupakan CEO dan founder konsultan edukasi NIEC Indonesia. Dalam akun Instagramnya ia banyak membahas perihal beasiswa kuliah atau peluang karir di luar negeri. Arnantyo secara detail memberi informasi soal langkah-langkah jika kamu tertarik untuk melanjutkan kuliah atau bekerja di luar negeri seperti informasi visa, skill apa yang harus dimiliki, gegar budaya yang dapat terjadi di beberapa negara dan sebagainya. Kamu juga dapat cek akun @niec_indonesia dan mendapatkan banyak insight menarik untuk memudahkan usaha kamu kuliah atau bekerja di luar negeri.

4. Dimas Alwin

Konten kreator ini juga berbasis di Instagram dengan nama pengguna @mudahbergaul dan memiliki 306 ribu pengikut. Dimas memiliki latar belakang seorang lulusan jurusan psikologi dan konten yang diangkat memang seputar kesehatan mental, psikologi dan hubungan. Ia menyebarkan kesadaran soal pentingnya menjaga kesehatan mental dan banyak informasi seputar psikologi seperti penyakit mental yang rentan dialami atau bagaimana cara menghadapi dan merespons orang dengan penyakit mental tertentu. Dengan melihat konten Dimas, kamu akan tersadar walaupun mengejar prestasi dan karir merupakan hal yang penting, tetapi menjaga kewarasan mental juga tidak boleh terlupakan.

 

Baca juga: Kabar Gembira! Pembatalan Kenaikan Biaya UKT oleh Kemendikbudristek

 

5. Zahid Ibrahim

Zahid merupakan seorang konten kreator dengan basis YouTube, namun ia juga turut membagikan kontennya di Instagram, TikTok dan juga Spotify. Pada akun YouTubenya sendiri, ia telah memiliki 595 ribu subscriber. Konten Zahid berfokus pada edukasi yang mendorong pengikutnya untuk self upgrading. Ia sendiri pun merupakan seorang mahasiswa yang belajar di luar negeri, sehingga ia kerap membagikan tips untuk bisa sepertinya. Selain itu, ia juga membagikan tips finansial untuk anak muda, motivasi untuk mencapai kesuksesan, cara belajar yang lebih efektif dan berbagai konsep kehidupan yang jarang disadari dan diketahui oleh anak muda kebanyakan.

Nah itu tadi daftar konten kreator yang bisa membantumu lebih produktif sebagai anak muda! Selain dari konten kreator, kamu juga bisa mengikuti akun-akun media sosial yang memang menyediakan informasi yang kamu butuhkan sebagai mahasiswa seperti Kampusinovatif.id. Di dalamnya kamu dapat menemukan banyak hal menarik tapi juga bermanfaat! Jangan lupa cek ya!


Penulis: Sarah Penyunting: Francois Rynasher Mamarimbing

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Artikel Terkait

Suara Generasi Z: Memecah Tabu, Membangun Kesadaran tentang Kesehatan Mental
MAHASISWA, GANGGUAN MENTAL, DAN MEDIA SOSIAL: SEBUAH DILEMATIKA GEN Z ANTARA MENJADI “PENGENDALI” ATAU “DIKENDALIKAN”
Gen Z bukan Superman
Mental Health: Gen Z Mentalnya Harus Tetap Waras?
Agen Perubahan Mental: Generasi Z Membuka Jalan!
Peran Aktif Gen Z Wujudkan Mental Health Melalui Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tema “Bangunlah Jiwa dan Raganya”