Diterbitkan 08 Mei 2024

Ikuti Organisasi Ekstra Kampus Ini dan Dapatkan Nilai Plus di CV Kamu!

Melengkapi CV atau curriculum vitae merupakan hal penting dalam proses membangun karirmu di masa depan. Salah satu hal yang dapat memperkaya pengalaman untuk ditulis di CV adalah dengan mengikuti berbagai organisasi. Tapi organisasi yang bagaimana sih yang punya daya tarik tinggi? Simak selengkapnya

Pengembangan Diri

Pers Kampusinovatif

Kunjungi Profile
499x
Bagikan

Sebagai mahasiswa, tak lengkap rasanya jika menghabiskan masa studi hanya dengan fokus kepada prestasi akademik. Perlu pengetahuan dan pelatihan tambahan yang didapat dari pelajaran luar kelas untuk mempersiapkan karir yang cemerlang di masa depan. Organisasi ekstra kampus dapat menjadi salah satu pilihan kamu untuk menjadi tempat kamu belajar sesuatu yang tidak diajarkan dosen atau tidak kamu temukan pada lingkungan kampus.

Walaupun bukan sebuah keharusan untuk seorang mahasiswa aktif dalam organisasi, tetapi jika kamu bergabung kamu akan mendapat manfaat yang banyak. Beberapa benefit yang dapat kamu ambil dalam organisasi adalah meningkatkan soft skill seperti kemampuan berkomunikasi efektif, kepemimpinan, kerjasama tim dan problem solving. Kemudian kamu juga bisa memperluas jangkauan relasi dan bertemu orang yang memiliki minat yang sama. Kamu juga dapat pengalaman kerja selama berkontribusi pada proyek organisasi. Terakhir, tentu saja meningkatkan nilai CV kamu dan menunjukkan pada rekruter bahwa kamu aktif juga di luar prestasi akademik.

 

Baca juga: Artikel MSIB Batch 7 Jangan Lewatkan Kesempatan Terjun ke Dunia Industri

 

Berikut adalah daftar rekomendasi organisasi yang bisa kamu ikuti untuk meningkatkan nilai CV kamu!

1. AIESEC

Sebagian dari kamu mungkin pernah mendengar nama AIESEC dari sekitar kamu karena memang organisasi ini memiliki anggota yang tidak sedikit dari kalangan mahasiswa di seluruh Indonesia. AIESEC atau Association Internationale des Etuadiants Sciences Economiques et Commerciales (bahasa Prancis) merupakan organisasi eksternal kampus yang memiliki basis internasional. Di dalamnya kamu dapat mengembangkan skill kepemimpinan sesuai dengan tujuan yang dituang pada visi mereka “empowering young people for peace and fulfillment of humankind potential”. Selain itu, karena berbasis internasional, kamu juga dapat melatih skill berbahasa Inggris sembari menjalin relasi lintas budaya bersama anggota lain. Bahkan kamu dapat memilki kesempatan untuk menjadi relawan exchange ke luar negeri!

2. StudentsxCEOs

Organisasi StudentsxCEOs merupakan wadah bagi pemuda yang ingin belajar soal kepemimpinan, lebih khususnya untuk mengembangkan kepemimpinan dalam bisnis. Di dalamnya kamu dapat belajar langsung dari ahli seperti CEO yang telah berpengalaman dalam bidang bisnis. Kamu akan mendapat banyak manfaat salah satunya adalah motivasi yang lebih tinggi untuk sukses karena dibimbing langsung oleh CEO perusahaan dan kamu dapat mengadaptasi tips dan trik mereka menuju karir yang cemerlang.

 

Ilustrasi Organisasi Luar Kampus (Foto: Canva)

 

3. MUN

MUN atau Model United Nations adalah organisasi yang dapat menjembatani kamu untuk berdiskusi, khususnya jika kamu yang berminat pada isu global. Agenda utama dari MUN adalah melakukan simulasi konferensi internasional dalam bidang diplomasi. Skill yang dapat diasah di organisasi ini dapat berupa keterampilan public speaking dengan bahasa inggris, cara beretorika yang efektif dan bagaimana bernegosiasi. Koneksi yang kamu dapat di organisasi ini juga akan semakin luas dan potensial membuka kesempatan belajar di tempat lain.

4. Young On Top

Komunitas ini berfokus pada potensi generasi muda di Indonesia secara skill, pengetahuan dan attitude. Mereka memiliki misi “Learn and Share” dan fokus utama pada tiga permasalahan yakni, bidang pendidikan atau catalyst kemudian bidang lingkungan atau green dan terakhir adalah bidang kesehatan atau energy. Young On Top berkomitmen untuk terus menyebarkan nilai positif yang mereka pegang kepada masyarakat luas untuk menjadi inspirasi. Cocok banget nih untuk kamu yang peduli dengan isu yang terjadi di sekitar dan ingin berkontribusi lebih untuk sesama!

 

Baca juga: Sering Menggunakan AI untuk Riset? Ini Dia Peluang dan Tantangannya

 

5. Student Catalyst

Organisasi ini secara spesifik bertujuan membantu mahasiswa untuk menyusun rencana kuliah dan mendukung anggota mereka untuk menjadi mahasiswa dengan prestasi yang tinggi, pada khususnya mahasiswa yang berada pada tahun pertama sampai ketiga. Wadah ini menyediakan berbagai program yang menunjang perkembangan mahasiswa seperti mentoring dan workshop. Para anggota dapat saling terkoneksi dan memotivasi untuk bersama meraih prestasi.

Nah, itu dia beberapa daftar rekomendasi untukmu yang ingin mencoba mengembangkan diri lewat organisasi eksternal. Untuk kamu yang tertarik, pilihlah organisasi sesuai dengan minat dan bakat kamu, kemudian pertimbangkan apa tujuan kamu dan jangan lupa untuk mencari tahu reputasi organisasi yang ingin kamu masuki. Pertimbangan ini penting dilakukan untuk menemukan organisasi yang cocok untukmu! 

Untuk membantumu mempertimbangkan, Kampusinovatif.id berkesempatan untuk mengundang Local Comitee President dari AIESEC UPN “Veteran” Yogyakarta pada podcast KaSiTaPa. Pastikan kamu tonton podcast ini di YouTube Kampusinovatif untuk bisa tahu lebih lanjut soal AIESEC dan temukan apakah kamu cocok untuk bergabung di dalamnya!


Penulis: Sarah Penyunting: Dwita

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Artikel Terkait

Bangkit! Kita Gen Z, Mental Waras Tingkatkan Kualitas

Dian Cahya

30 Juni 2024
2 min
Ngabuburit Produktif!: Jangan Biarkan Ramadhan Kamu Sia-sia!

Event

03 April 2024
2 min
Peran Aktif Gen Z Wujudkan Mental Health Melalui Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tema “Bangunlah Jiwa dan Raganya”
3 min
Berapa Banyak Sih Genre Tulisan yang Kamu Tahu? Yuk Intip Satu-Satu!

Pers Kampusinovatif

24 September 2024
3 min
Kasus Pelecehan dan Kekerasan Seksual Merambat, Darurat Perhatian Masyarakat

Audrey Abigail

12 Juni 2024
2 min
Dari Media Sosial ke Dunia Nyata: Inisiatif Kesehatan Mental oleh Gen Z
3 min