Diterbitkan 09 Jul 2024

15 Rekomendasi AI dan Aplikasi untuk Memudahkan Tugas Mahasiswa

Artificial Intelligence (AI) banyak memudahkan kehidupan manusia di era modern terutama bagi mahasiwa untuk meningkatkan produktivitas. Terdapat banyak rekomendasi AI yang dapat digunakan mahasiswa untuk menunjang perkuliahan.

Tips & Trick

Pers Kampusinovatif

Kunjungi Profile
60x
Bagikan

Halo, teman-teman mahasiswa, KampusInovatif.id kembali menyapa! Tidak bisa kita pungkiri ya, hidup di era serba digital membuat berbagai aspek terasa lebih mudah dan praktis. Kecanggihan teknologi yang ada banyak membantu manusia dalam menyelesaikan pekerjaan. Salah satu contoh nyata adalah Artificial Intelligence (AI) yang mulai marak digunakan dalam dunia pendidikan. Namun, sebagian dari kalian mungkin hanya familiar dengan ChatGPT. Padahal masih banyak tools lain yang bisa mempermudah kalian dalam menyelesaikan tugas. Apa aja sih tools yang dimaksud? Sini merapat, KampusInovatif.id jabarin informasi selengkapnya!

15 Rekomendasi AI dan Aplikasi untuk Memudahkan Tugas Mahasiswa
Ilustrasi Penggunaan AI di Kalangan Mahasiswa (Sumber: Freepik)

AI untuk Membantu Tugas Mahasiswa

Nah, biar kamu ngga selalu begadang saat mengerjakan tugas, kalian bisa pakai beberapa AI tools ini loh!

Perplexity AI

Perplexity adalah salah satu AI yang dapat memudahkan penggunanya untuk mencari informasi secara real-time. Jika defisininya demikian, mungkin sekilas akan mirip dengan ChatGPT. Eits, namun keduanya berbeda ya teman-teman. Perplexity AI dapat menyajikan jawaban yang lebih mudah dipahami serta komprehensif dibandingkan dengan ChatGPT. Tak hanya itu, hasil pencarian yang ditampilkan untuk kalian berdasarkan pada sumber yang kredibel. Jadi tak perlu risau ya dengan keakuratan informasi tersebut. Menariknya, Perplexity AI juga dapat memberikan rekomendasi pertanyaan yang relevan dengan pencarian sehingga kalian dapat explore lebih dalam terkait suatu topik atau informasi.

Humata.ai

Humata.ai hampir mirip dengan Perplexity AI, yakni menyediakan fitur tanya jawab instan dengan hasil pencarian yang lebih akurat dan relevan. Fitur andalan Humata AI ialah PDF-assistant yang dapat membantu kalian dalam mencermati isi jurnal sekaligus menyajikan jawaban berdasarkan jurnal penelitian yang sedang diulas. Wah, sangat bermanfaat ya terutama dalam hal efisiensi waktu.

Writesonic.com

Writesonic adalah tools yang dapat membantu kalian dalam menulis artikel SEO friendly, email, blog, dan beragam jenis tulisan lainnya dengan mudah. Dengan menggunakan AI ini, kamu bisa menghemat waktu dalam mengerjakan tugas yang berbentuk tulisan cukup dengan memasukkan keyword atau deskripsi singkat sesuai ide konten atau artikel yang hendak dibuat. Kemudian, Writesonic akan menampilkan artikelmu secara utuh. Bisa segera kalian coba, ya!

Scite.ai

Jika kalian sedang melakukan penelitian, tools AI ini bisa membantu dalam mencari referensi. Kamu hanya perlu memasukkan kata kunci, kemudian Scite.ai akan menampilkan jurnal sesuai dengan kata kunci tersebut. Mudah bukan penggunaannya?

Elicit.com

Elicit.com akan membantu kalian menyelesaikan tugas-tugas penelitian yang memakan waktu seperti meringkas makalah atau mengekstrak data. Tools AI ini juga dapat mempermudah kalian dalam memetakan hasil penelitian yang relevan dengan penelitian yang sedang kalian lakukan.

Otter.ai

Untuk kamu yang sering tertinggal penjelasan dari dosen, tools ini akan membuatmu tenang. Pasalnya, Otter.ai dapat mentranskrip rekaman audio menjadi teks dengan cepat dan mudah. Keunggulan Otter.ai ialah terintegrasi dengan aplikasi online meeting sehingga setelah meeting selesai kamu bisa mendapatkan poin-poin pembahasan selama meeting berlangsung serta tangkapan layar dari slide presentasi yang ditampilkan.

Wolfram Alpha

Kalau kamu sering pusing ketika mengerjakan soal hitungan, website ini dapat menjadi penolongmu. Wolfram Alpha menyediakan banyak fitur yang dapat memudahkanmu dalam menyelesaikan soal matematika cukup dengan memasukkan pertanyaan. Selanjutnya, Wolfram Alpha akan menampilkan penyelesaian dari soal yang telah kamu ajukan. Tak hanya matematika loh, kamu juga bisa mencari jawaban dari berbagai persoalan mulai dari sains, ilmu sosial, bahkan kehidupan sehari-hari seperti kesehatan pribadi hingga keuangan pribadi.

Quillbot

Ketika kamu membuat tulisan ilmiah tentu harus lolos plagiarisme kan? Nah, Quillbot bisa membantumu dalam hal parafrase dengan banyak pilihan bahasa yang tersedia. Selain itu, kamu juga bisa memanfaakan tools ini untuk meringkas paragraf yang panjang, cek grammar, sitasi, hingga translate.

GPTZero

Meskipun KampusInovatif.id telah memberikan banyak rekomendasi tools AI, namun kamu jangan hanya copy-paste jawaban yang diberikan, ya! Pasalnya, ada tools GPTZero bisa mendeteksi tulisanmu buatan sendiri atau AI. Cara menggunakan tools ini mudah, kamu hanya perlu menyalin teks atau mengunggah file yang ingin dicek. Lalu, GPTZero akan menampilkan hasilnya dalam bentuk persentase.

Aplikasi untuk Membantu Tugas Mahasiswa

Kalau pembahasan sebelumnya mengenai AI tools, sekarang ada beberapa aplikasi yang bisa banget kamu pakai untuk me-manage tugas-tugass hingga memudahkan dalam menyitasi referensi-referensi yang kamu pakai di tugasmu loh, aplikasi-aplikasi tersebut antara lain:

Notion

Selain menggunakan rekomendasi tools AI di atas untuk meningkatkan produktivitas, kamu juga dapat menggunakan aplikasi Notion atau all-in-one-workspace. Aplikasi tersebut dapat membantumu untuk membuat catatan, to-do-list, hingga kolaborasi kerja dengan teman melalui fitur task dan project.

Zotero

Jika kamu sering berkutat dengan tugas tulisan seperti paper, aplikasi ini bisa menjadi senjatamu dalam membuat sitasi dengan gaya penulisan yang lengkap seperti APA, AMA, MLA, dan lain sebagainya.

Mendeley

Nah, kalau aplikasi ini mungkin sudah terdengar familiar di telinga sebagian mahasiswa. Mendeley dapat membantumu dalam hal penyisipan, penulisan, sekaligus pemformatan sitasi dan daftar pustaka. Jadi kamu tak perlu ribet lagi untuk membuat daftar pustaka secara manual.

Website untuk Membantu Tugas Mahasiswa

Sering bingung apakah grammar yang telah ditulis sudah benar atau belum? Atau bingung mencari terjemahan kata yang tepat? Bagaimana cara mengecek karya kita sudah bebas dari plagiasi? Nah, teman-teman bisa menggunakan beberapa website berikut ini untuk memudahkan kerja kalian loh!

Grammarly

Sesuai namanya, website ini digunakan untuk mengecek grammar atau tata bahasa teks yang berbahasa Inggris. Tak hanya tata bahasa, melalui Grammarly kamu juga dapat memeriksa ejaan sekaligus memperbaiki typo. Sangat membantu dalam hal proofreading bukan sebelum tulisanmu dikumpulkan ke dosen?

DeepL

DeepL cocok untuk kamu gunakan sebagai alat penerjemah ketika mendapatkan tugas atau harus memahami referensi berbahasa Inggris. Pasalnya, website ini dapat menerjemahkan teks dengan akurat dan mudah dipahami karena menggunakan gaya bahasa sesuai kehidupan sehari-hari.

Plagiarismchecker

Last but not least nih teman-teman mahasiswa, kalian bisa memanfaatkan website Plagiarism Checker untuk membuktikan bahwa tugas berupa tulisan yang telah kalian kerjakan adalah karya orisinil atau tidak menjiplak tulisan milik orang lain. Jangan sampai tugasmu telah diserahkan ke dosen, namun terdeteksi meniru karya orang lain tanpa izin dari yang bersangkutan.

Nah, itu tadi sederet tools AI dan aplikasi yang bisa kalian gunakan untuk memudahkan dalam mengerjakan tugas. Semoga tulisan ini bermanfaat, ya!

Kunjungi platform KampusInovatif.id untuk mendapatkan update seputar dunia perkuliahan serta life hacks ala mahasiswa. Sampai jumpa dalam topik pembahasan lainnya yang tak kalah menarik!


Penulis: Anisaa | Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Artikel Terkait

Rekomendasi Situs Jurnal dan Artikel Berdasarkan Jurusan
4 min
Kesulitan Problem Solving? Ini Strategi Jitu Menuju Solusi Terbaik!
3 min
Cara Cepat Review Jurnal, Simak Selengkapnya!

Pers Kampusinovatif

04 April 2024
2 min
Jenuh Belajar? Kenali Tanda-tanda Burn Out dan Cara Mengatasinya

Pers Kampusinovatif

22 April 2024
3 min
Tips Ampuh Atasi Prokrastinasi, Siap Jadi Mahasiswa Produktif!
3 min
9 Jurusan Sepi Peminat dengan Prospek Menjanjikan
3 min