Diterbitkan 10 Jul 2024

Digital Detox untuk Mahasiswa, Istirahatkan Otak dari Screen-Time

Fenomena digital overload menjadi salah satu masalah yang menghantui banyak orang belakangan ini. Akibatnya, produktivitas dan kualitas kerja menurun, bahkan timbul masalah kesehatan mental. Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya digital detox untuk mengatasi beragam masalah tersebut.

Tips & Trick

Pers Kampusinovatif

Kunjungi Profile
304x
Bagikan

Halo teman-teman mahasiswa! Kalian udah pada tahu belum tentang digital detox? Kalau belum tahu sini KampusInovatif.id bisikin, digital detox adalah upaya yang dilakukan oleh seseorang untuk menahan diri tidak menggunakan perangkat digital dalam waktu tertentu. Lalu, kira-kira kenapa digital detox perlu dilakukan oleh mahasiswa? Yuk, simak tulisan ini selengkapnya!

Mengapa Harus Digital Detox?

Sebagai mahasiswa, enggak bisa dipungkiri bahwa tekonologi digital dapat memberikan manfaat dalam banyak hal. Mulai dari tugas yang diberikan dosen, proyek kelompok, online course, sampai scrolling media sosial, semuanya di layar digital. Nah, dengan melakukan digital detox kita memberikan waktu istirahat untuk otak agar tidak terus menerus terkena paparan digital. Sederhananya sih, agar otak kita bisa napas sejenak dan punya mood yang lebih fresh untuk mengerjakan tugas-tugas berikutnya. Selain itu, alasan lain mengapa kamu perlu melakukan detox digital karena media sosial dapat membuatmu kecanduan bahkan memanipulasimu.

Kira-kira kapan sih waktu yang tepat untuk melakukan digital detox? Jika kamu pernah mengalami gangguan tidur atau cemas lantaran jauh dari gadget maka ini saatnya kamu melakukan detox digital. Ikuti tips berikut agar digital detox yang kamu lakukan berhasil: 

Digital Detox untuk Mahasiswa, Istirahatkan Otak dari Screen-Time
Ilustrasi Mahasiswa yang Tidak Bisa Lepas dari Gadget (Sumber: Freepik)

4 Tips Digital Detox yang Efektif

Berikut ini kami paparkan 4 tips untuk digital detox buat kamu

Tentukan waktu tanpa gadget

Pilih waktu tertentu untuk menjauhi gadget. Misalnya, dalam jangka waktu 3 hari, 1 minggu, atau rentang waktu lain sesuai komitmenmu. Pada masa detox ini kamu bisa menghapus aplikasi media sosial atau sekadar membatasi waktu dalam menggunakan media sosial. Dengan cara ini kamu bisa nikmatin waktu tanpa distraksi digital.

Explore dunia tanpa screen-time

Coba deh explore dunia luar tanpa sibuk scroll atau refresh timeline media sosial. Jalan-jalan ke taman, baca buku cetak, atau sekadar ngobrol santai sama teman tanpa tergoda buka Instagram, TikTok, dan beragam media sosial yang kamu miliki. Cara ini mungkin bisa bikin kalian lebih aware sama sekitar dan nemuin hal-hal baru yang sebelumnya terlewatkan.

Buat jurnal atau baca buku

Enggak ada layar, enggak ada notifikasi. Coba deh buat jurnal atau baca buku tanpa terganggu notifikasi WhatsApp atau email masuk. Selain membuatmu lebih tenang, cara ini juga akan memberikan kesempatan untuk dirimu mendapatkan pengetahuan baru.

Aktivitas fisik tanpa gadget

Enggak usah selalu ditemani playlist Spotify atau video workout YouTube. Aktivitas fisik tanpa gadget bisa jadi cara seru buat ngilangin stres dan sakit mata akibat terus menerus menatap layar gadget.

Manfaat Digital Detox untuk Mahasiswa

"Emang ada manfaatnya digital detox buat kita?"

Tentu saja ada dong bestif! Manfaat-manfaat digital detox buat kita antara lain:

Lebih fresh dan kreatif

Dengan istirahat sejenak dari layar gadget, otak kita akan lebih fresh. Siapa tahu, ide kreatif untuk tugas atau proyek kelompok bisa muncul tanpa terduga!

Kualitas tidur meningkat

Dengan enggak bawa gadget ke tempat tidur, ternyata bisa bantu kita tidur lebih nyenyak loh! Bye-bye mata bengkak karena kebanyakan liat layar gadget tengah malam.

Meningkatkan konsentrasi

Dengan berkurangnya distraksi dari gadget, konsentrasi saat belajar atau mengerjakan tugas bisa lebih terjaga. Semakin kamu berkonsentrasi, semakin cepat pula tugas-tugasmu selesai.

Lebih menghargai interaksi sosial

Digital detox juga bisa membuatmu lebih menghargai interaksi sosial secara langsung. Enggak melulu lewat layar gadget kok, tapi ngobrol langsung dengan teman-temanmu justru akan lebih mengasyikkan.

Jadi, gimana nih, teman-teman mahasiswa? Sudah siap mencoba digital detox? Ingat, ini bukan soal anti-teknologi, tapi lebih ke menjaga keseimbangan antara dunia maya dan nyata. Semoga kalian bisa menemukan manfaatnya, ya!

Kunjungi platform KampusInovatif.id untuk mendapatkan update seputar serba serbi kehidupan kuliah dan beragam informasi lainnya yang tak kalah menarik!


Penulis: Anisaa | Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Artikel Terkait

Kesulitan Problem Solving? Ini Strategi Jitu Menuju Solusi Terbaik!
3 min
Tips Belajar Desain Grafis untuk Pemula, Ikuti Cara Efektif Ini!
3 min
Jenuh Belajar? Kenali Tanda-tanda Burn Out dan Cara Mengatasinya

Pers Kampusinovatif

22 April 2024
3 min
Yuk, Kenali Jenis Beasiswa Paling Populer di Kalangan Mahasiswa!

Event

13 September 2024
4 min
Cara Efektif Membangun Personal Branding bagi Mahasiswa
2 min
Kuasai Skill Public Speaking dengan Menerapkan Tips Berikut!
2 min