Diterbitkan 11 Jul 2024

Rekomendasi Situs Jurnal dan Artikel Berdasarkan Jurusan

Tulisan ilmiah merupakan bagian tak terpisahkan dari kehidupan mahasiswa di bangku kuliah. Ada banyak rekomendasi situs jurnal yang dapat diakses oleh mahasiswa untuk mendukung kualitas tulisan yang dibuat.

Tips & Trick

Pers Kampusinovatif

Kunjungi Profile
258x
Bagikan

Sebagai seorang mahasiswa pasti kamu akan sering dihadapkan dengan penulisan tugas ilmiah seperti essay, makalah, skripsi, dan lain sebagainya. Untuk menyelesaikannya kamu membutuhkan referensi yang kredibel agar tulisanmu dapat dipertanggungjawabkan. Dalam hal ini kamu bisa menggunakan jurnal, baik yang berskala nasional maupun internasional.

Sayangnya, seringkali mahasiswa kesulitan mencari sumber jurnal. Situs yang familiar di telinga mahasiswa mungkin hanyalah Google Scholar. Padahal masih banyak sumber lain yang menyediakan beragam jurnal ilmiah sesuai dengan jurusanmu. Nah, disini KampusInovatif.id akan memberikan rekomendasi situs jurnal yang bisa kamu manfaatkan untuk berburu jurnal nasional dan internasional. Yuk, simak siapa tahu ada jurusanmu!

Jurusan Komunikasi

Buat kalian yang berasal dari jurusan Komunikasi udah pada pakai situs-situs ini belum?

Neliti

Rekomendasi Situs Jurnal dan Artikel Berdasarkan Jurusan
Logo Neliti

Neliti merupakan situs website yang menyediakan konten akademik berupa repositori institusi, jurnal akademik, serta konferensi akademik. Kamu bisa memanfaatkan situs website ini untuk mencari publikasi nasional maupun internasional yang relevan dengan penelitianmu. Langsung saja meluncur ke laman https://www.neliti.com/id/ kemudian klik bagian ‘Jurnal’. Pada bagian ini kamu bisa mencari jurnal berdasarkan nama, penerbit, atau ISSN. Selain itu, kamu juga bisa memfilter pencarian agar hasilnya lebih spesifik berdasarkan bahasa, akreditasi, negara, hingga bidang studi. Mudah bukan cara aksesnya?

DOAJ

Rekomendasi Situs Jurnal dan Artikel Berdasarkan Jurusan
Logo DOAJ

Situs direktori online ini sangat recommended lho Sobat Ilkom. Pasalnya, DOAJ (Directory of Open Access) menyediakan jurnal yang melimpah ruah dari 136 negara di dunia yang tersedia dalam 80 bahasa. Di samping itu, semua layanan DOAJ tidak berbayar alias gratis sehingga kamu bebas berselancar mencari jurnal maupun artikel yang kamu butuhkan. Agar bisa menemukan jurnal sesuai keinginanmu, coba terapkan filter pencarian berdasarkan kriteria tertentu. Selamat mencoba!

BookFi

Rekomendasi Situs Jurnal dan Artikel Berdasarkan Jurusan
Logo BookFi

Mungkin bagi beberapa mahasiswa, sumber jurnal satu ini masih asing di telinga. Padahal BookFi menjadi perpustakaan elektronik yang bisa kamu akses kapanpun dan dimanapun. Sesuai namanya, BookFi menyediakan buku elektronik yang bisa kamu unduh dengan format file PDF. Cara akses Bookfi pun tidak sulit, kamu hanya perlu mengetikkan “BOOKFI” di mesin pencarian lalu akan muncul situs BookFi. Selanjutnya, kamu bisa mengetikkan kata kunci di kolom pencarian dan klik enter atau ikon cari berwarna hijau. Terakhir, klik buku yang hendak dibuka atau diunduh. Selamat, kamu telah berhasil mendapatkan referensi kredibel untuk mendukung tugas atau penelitianmu.

Jurusan Ekonomi

Nah, kalau kalian dari jurusan Ekonomi sudah pernah menggunakan 3 situs ini belum?

Econbiz

Rekomendasi Situs Jurnal dan Artikel Berdasarkan Jurusan
Logo Econbiz

Nah, bagi kalian mahasiswa jurusan Ekonomi atau Bisnis dapat menggunakan Econbiz untuk mencari jurnal pendukung penelitian. Situs ini memang dikhususkan sebagai portal akademis untuk studi Ekonomi dan Bisnis. Tidak hanya menyediakan jurnal, melalui Econbiz kamu juga dapat mencari artikel dan buku secara gratis. Menariknya, situs ini juga menyediakan layanan virtual bagi pengguna untuk meminta bantuan kepada pustakawan melalui email, chatting atau telepon, dari layanan referensi online terintegrasi Research Guide EconDesk selama pencarian berlangsung. Selain itu, Econbiz juga menyediakan fitur “Research Skills” berupa tutorial dan video online untuk pengguna yang ingin meningkatkan literasi informasi mereka.

JSTOR

Rekomendasi Situs Jurnal dan Artikel Berdasarkan Jurusan
Logo JSTOR

Fyi, JSTOR merupakan layanan perpustakan digital yang dapat diakses secara gratis. Memang tidak semuanya gratis ya Sobat Ekonom, namun tenang saja karena buku dan jurnal yang dapat dibuka secara gratis sangat banyak jumlahnya. Di samping itu, kamu tidak harus login untuk mendapatkan jurnal atau buku yang diinginkan.

LIPI

Rekomendasi Situs Jurnal dan Artikel Berdasarkan Jurusan
Logo LIPI

Selain ketiga sumber di atas, kamu dapat pula mencari referensi jurnal melalui Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Jika ingin menggunakan situs ini, kamu cukup berkunjung ke website resmi lipi.go.id kemudian melakukan pencarian berdasarkan nama penulis, topik, serta tahun terbit jurnal atau artikel. Tak hanya jurnal atau artikel berbahasa Indonesia, LIPI juga menyediakan jurnal berbahasa Inggris.

Jurusan Teknik

Bagi kalian yang dari jurusan Teknik, situs-situs ini bakalan bermanfaat buat kalian nugas loh!

OnePetro

Rekomendasi Situs Jurnal dan Artikel Berdasarkan Jurusan
Logo OnePetro

Mahasiswa jurusan Teknik mari merapat! KampusInovatif.id spill nih platform untuk kalian mencari literatur teknikal di bidang minyak, gas, dan disiplin ilmu rekayasa terkait. Cara aksesnya simple, kamu cukup mengunjungi situs resmi OnePetro kemudian klik "Sign In" apabila sudah memiliki akun atau klik “Register” jika belum memiliki akun. Setelah berhasil login kamu bebas menelusuri jurnal atau artikel serta memfilter hasil pencarian. Selain itu, kamu juga bisa mengunduh artikel yang diinginkan, namun pastikan dulu berbayar atau tidak, ya!

Science Direct

Rekomendasi Situs Jurnal dan Artikel Berdasarkan Jurusan
Logo Science Direct

Sobat Teknik juga bisa mengakses Science Direct untuk mencari referensi jurnal. Situs ini berisi kumpulan dokumen berkualitas yang telah diperiksa oleh peer-review Elsevier. Sama halnya dengan OnePetro, situs ini juga tidak mengharuskanmu login untuk menelusuri hasil penelitian terdahulu.

JPT

Logo JPT

JPT (Journal of Petroleum Technology) merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Society of Petroleum Engineers (SPE) atau organisasi nirlaba global yang berfokus pada industri minyak dan gas. Untuk mengaksesnya kamu dapat menuju situs resmi JPT kemudian mengetikkan kata kunci yang ingin dicari.

Jurusan Kesehatan

Nah, sekarang giliran situs-situs untuk mahasiswa jurusan Kesehatan!

Researchgate

, sekarang giliran kalian mahasiswa jurusan Kesehatan.
Logo Researchgate

Untuk mengakses publikasi ilmiah yang kamu mau, dapat mengakses situs Researchgate. Melalui situs ini kamu dapat melihat posisi karya ilmiah yang telah dipublikasi, jumlah kunjungan, hingga sitasi. Jika ingin mengunduh file, kamu tidak perlu mendaftar dulu. Hebat bukan?

PubMed

, sekarang giliran kalian mahasiswa jurusan Kesehatan.
Logo PubMed

Selain Researchgate, kamu dapat pula mengakses situs PubMed yang menyediakan basis data seputar ilmu alam dan topik biomedis. Melalui PubMed kamu bisa mengakses artikel full text di bidang ilmu kedokteran, keperawatan, pra-klinis, serta sistem perawatan kesehatan.

Perpustakaan Kemenkes

, sekarang giliran kalian mahasiswa jurusan Kesehatan.
Logo Perpustakaan Kemenkes

Terakhir, kamu juga bisa mengakses situs Perpustakaan Kementerian Kesehatan RI. Laman ini menyediakan beragam koleksi buku di bidang kesehatan yang dapat memudahkanmu dalam menyelesaikan tugas maupun penelitian. Caranya mudah, kamu hanya perlu menuju menu koleksi kemudian mengetikkan judul yang ingin dicari. Jika ingin leih spesifik, kamu bisa menerapkan filter tahun, penulis, atau penerbit.

Nah, itu tadi beberapa rekomendasi situs website untuk mencari jurnal, artikel, maupun buku elektronik. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

Pantau terus platform KampusInovatif.id untuk mendapatkan update seputar serba-serbi kehidupan kuliah dan informasi menarik lainnya!


Penulis: Anisaa | Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Artikel Terkait

Tips Belajar Desain Grafis untuk Pemula, Ikuti Cara Efektif Ini!
3 min
Yuk, Kenali Jenis Beasiswa Paling Populer di Kalangan Mahasiswa!

Event

13 September 2024
4 min
Cara Cepat Review Jurnal, Simak Selengkapnya!

Pers Kampusinovatif

04 April 2024
2 min
Kuasai Skill Public Speaking dengan Menerapkan Tips Berikut!
2 min
Ini Dia 15 Rekomendasi AI dan Aplikasi untuk Memudahkan Tugas Mahasiswa
4 min
Tips Ampuh Atasi Prokrastinasi, Siap Jadi Mahasiswa Produktif!
3 min