Diterbitkan 16 Jul 2024

4 Rekomendasi Website untuk Cek Salah Ketik dan EYD

Dalam penulisan tugas di kalangan mahasiswa seringkali dijumpai salah ketik ataupun penggunaan kata yang tidak sesuai kaidah. Hal ini berdampak fatal terlebih jika terjun di bidang kepenulisan. Namun, terdapat rekomendasi website yang dapat membantu agar tulisan sesuai dengan kaidah secara otomatis.

Tips & Trick

Pers Kampusinovatif

Kunjungi Profile
1993x
Bagikan

Halo, teman-teman mahasiswa! Kalian pasti sering dihadapkan dengan tugas menulis baik itu essay, artikel, skripsi, ataupun karya ilmiah lainnya. Nah, mungkin masih banyak nih dari kalian yang tidak memahami penggunaan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) yang benar. Di samping itu, mungkin kalian juga sering mengalami salah ketik atau typo ketika sedang menulis. Namun, tentu akan memakan waktu jika mengecek tulisan satu persatu hanya untuk memastikan tidak ada typo serta sudah sesuai dengan EYD.

Eitsss, tapi tak perlu khawatir ya teman-teman. Pasalnya, perkembangan teknologi saat ini sangat membantu tiap lini kehidupan kita termasuk dalam hal tulis menulis. Ada banyak rekomendasi website yang bisa kamu gunakan untuk mengecek typo dan EYD.

Yuk, simak tulisan ini selengkapnya agar tulisanmu semakin berkualitas!

Situs Web untuk Cek Salah Ketik dan EYD

Berikut ini 4 situs yang bisa kamu pakai agar tidak ada salah ketik atau typo lagi:

1. Ejaan.id

4 Rekomendasi Website untuk Cek Salah Ketik dan EYD
Tampilan laman Ejaan.id

Melalui website ini kamu dapat mengecek kesalahan sekaligus menyunting tulisanmu dimana pun dan kapan pun. Ejaan.id menyediakan perbaikan kata tidak baku untuk kalimat, perbaikan kata tidak baku untuk paragraf, serta penulisan kata depan, kata ganti, konjungsi, dan kata baku. Kelebihan dari situs website ini ialah interface yang mudah dipahami dan digunakan oleh pengguna. Namun, kekurangan website ini tidak menyediakan fitur unggah file untuk disunting. Jadi, kalian hanya bisa copy-paste tulisan kemudian klik perbaiki ejaan.

2. Cek-typo.lektur.id

4 Rekomendasi Website untuk Cek Salah Ketik dan EYD
Tampilan laman Cek Typo

Kalau kamu termasuk dalam kaum yang sering typo ketika menulis maka website ini bisa jadi penolongmu. Kunjungi situs cek-typo.lektur.id, kemudian kamu akan diarahkan ke laman pengecekan salah ketik. Pada laman ini kamu cukup mengetikkan kata, kalimat, atau paragraf yang ingin dicek. Lalu, klik “CEK” maka akan tampil di bagian bawah hasil dari pengecekan yang telah kamu lakukan. Warna merah menunjukkan kata typo atau salah ketik yang selanjutnya bisa kamu perbaiki. Mudah bukan penggunaannya?

3. Typoonline.com

Tampilan laman Typoonline

Website ini bisa jadi opsi lain buat kamu sobat typo. Jangan buang waktu dan menambah kepusinganmu dengan cek saltik secara manual. Kunjungi website typoonline.com kemudian copy-paste teks yang ingin kamu cek. Fyi, fitur website typoonline.com cukup lengkap loh, pasalnya kamu juga bisa mengecek kata yang tidak sesuai dengan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) pada dokumen dan situs web. Jika masih bingung cara menggunakannya, kamu bisa menonton video tutorial yang sudah tersedia pada laman tersebut.

4. Google Docs

Tampilan laman Google Docs

Siapa sih yang tidak tahu website dengan sederet manfaat ini? Melalui Google Docs kamu tidak hanya dimudahkan untuk membuat dokumen serta bekerja secara real-time dengan rekanmu meskipun terhalang jarak. Namun, Google Docs juga dapat membantumu untuk mengurangi kesalahan ejaaan pada tulisan. Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu klik ikon “Periksa Ejaan” yang memiliki logo huruf A dengan tanda centang di bawahnya. Selanjutnya, kata-kata dengan ejaan yang salah akan berwarna merah dan kamu cukup klik kata tersebut maka otomatis Google Docs akan memperbaikinya dengan kata yang benar. Simple nan efisien kan tentunya?

Nah, itu tadi beberapa rekomendasi website untuk kamu yang sering kurang teliti dalam hal menulis. Semoga tulisan ini membantumu, ya!

Kunjungi platform KampusInovatif.id untuk mendapatkan informasi ter-update seputar serba-serbi dunia perkuliahan, persiapan karier profesional, dan informasi lainnya yang tak kalah menarik.


Penulis: Anisaa | Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Artikel Terkait

Cara Efektif Membangun Personal Branding bagi Mahasiswa
2 min
Rekomendasi Situs Jurnal dan Artikel Berdasarkan Jurusan
4 min
Kesulitan Problem Solving? Ini Strategi Jitu Menuju Solusi Terbaik!
3 min
Tips Ampuh Atasi Prokrastinasi, Siap Jadi Mahasiswa Produktif!
3 min
Ini Dia 15 Rekomendasi AI dan Aplikasi untuk Memudahkan Tugas Mahasiswa
4 min
Tips Belajar Desain Grafis untuk Pemula, Ikuti Cara Efektif Ini!
3 min