Diterbitkan 12 Jul 2024

Tips Ampuh Atasi Prokrastinasi, Siap Jadi Mahasiswa Produktif!

Prokrastinasi adalah kebiasaan buruk yang dilakukan oleh sebagian besar orang. Perilaku ini menyebabkan aktivitas menjadi tidak teratur bahkan berdampak buruk terhadap kesehatan. Namun, prokrastinasi dapat diatasi dengan menerapkan beberapa tips agar hidup yang lebih produktif.

Tips & Trick

Pers Kampusinovatif

Kunjungi Profile
204x
Bagikan

Prokrastinasi seringkali menjadi musuh utama bagi mahasiswa dalam mencapai produktivitas. Tugas yang ditunda-tunda bisa menumpuk, menyebabkan stres, dan merugikan kinerja akademis. Bagaimana cara mengatasi prokrastinasi dan tetap produktif? Tunggu sebentar, sebelum kita membahas lebih jauh seputar habit prokrastinasi kamu perlu tahu dulu definisi dari prokrastinasi. Yuk, simak artikel ini selengkapnya!

Apa Itu Prokrastinasi?

Kamu termasuk dalam golongan mahasiswa yang suka menunda-nunda waktu untuk mengerjakan tugas atau pekerjaan lainnya? Jika iya, artinya kamu sudah melakukan perilaku prokrastinasi. Kata “prokrastinasi” memang tidak terdapat dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) karena istilah ini merupakan terjemahan dari kata procrastination dalam bahasa Inggris.

Singkatnya, prokrastinasi merupakan perilaku menunda pekerjaan yang dilakukan oleh seseorang dengan sengaja. Untuk kamu yang suka menomorduakan tugas penting daripada tugas yang tidak terlalu penting. Stop yuk mulai dari sekarang karena waktumu akan terbuang sia-sia dan apa yang kamu kerjakan hasilnya tidak maksimal.

Tips Ampuh Atasi Prokrastinasi, Siap Jadi Mahasiswa Produktif!
Ilustrasi mahasiswa yang stres dengan beban akademik akibat kebiasaan prokrastinasi (Sumber: Freepik)

Tips Atasi Perilaku Prokrastinasi

Ayo terapkan tips ampuh berikut ini agar waktumu lebih efektif dan efisien!

1. Buat rencana harian yang jelas

Mulai langkah awalmu dengan membuat to-do-list atau daftar tugas yang harus diselesaikan. Dengan menetapkan rencana harian yang jelas dapat membuat aktivitasmu lebih tersusun dan mengurangi risiko prokrastinasi. Namun, kamu juga harus tegas pada diri sendiri, ya! Prioritaskan tugas berdasarkan urgensi dan kompleksitas. Misalnya ada tugas yang harus dikumpulkan besok pagi, kamu bisa mengerjakannya dulu sebelum mengerjakan tugas lain.

2. Gunakan teknik Pomodoro

Fyi, teknik Pomodoro merupakan sistem belajar dengan pembagian waktu menjadi periode singkat biasanya 25 menit yang diikuti oleh istirahat di sela-sela belajar. Pendekatan ini dapat membantumu untuk tetap fokus dan mencegah kejenuhan sehingga produktivitas pun turut meningkat. Patut kamu coba ya teknik belajar ini!

3. Jangan mengejar kesempurnaan

Terlalu perfeksionis juga dapat menjadi penyebab prokrastinasi. Jika kamu mendapatkan tugas yang terasa sulit, pecah menjadi bagian-bagian yang lebih kecil. Selesaikan satu langkah pada satu waktu, lama-kelamaan tugasmu yang terasa sangat sulit tersebut akan selesai dengan sendirinya. Ingat, progress dan selesai tepat waktu lebih penting daripada kesempurnaan.

4. Hindari distraksi digital

Gadget dan media sosial sering menjadi sumber prokrastinasi. Matikan notifikasi selama melakukan pekerjaan atau gunakan aplikasi blocker untuk sementara waktu. Jika memungkinkan, kamu dapat menjauhkan gadget dari jangkauanmu. Cara ini dapat membantumu untuk tetap fokus pada pekerjaan tanpa godaan dari perangkat digital.

5. Berteman dengan orang yang memiliki visi sama

Kamu bisa berteman dan menyelesaikan pekerjaanmu dengan orang yang memiliki tujuan yang sama. Selain membuatmu semakin termotivasi dan bertanggung jawab untuk menyelesaikan tugas, kamu juga bisa saling mendukung satu sama lain.

6. Berikan hadiah pada diri sendiri

Setelah menyelesaikan tugas penting secara on time, berikan hadiah pada diri sendiri. Kamu bisa istirahat sejenak, menonton film favorit, belanja, atau melakukan aktivitas yang kamu senangi. Self-reward ini akan memberikan dorongan positif agar dirimu menjadi lebih baik kedepannya.

7. Pahami penyebab prokrastinasi

Kenali apa yang menyebabkan dirimu cenderung menunda-nunda pekerjaan. Setiap orang memiliki alasan yang berbeda-beda, identifikasi dirimu apakah itu karena kurangnya motivasi, rasa takut, atau kelelahan? Dengan memahami akar permasalahan kamu dapat menyusun strategi yang tepat untuk menjadi manusia yang lebih produktif.

8. Ciptakan lingkungan belajar yang mendukung

Lingkungan belajar yang bersih dan terorganisir dapat meningkatkan fokusmu. Kamu bisa menciptakan ruang belajar yang nyaman dan bebas dari gangguan agar kegiatan belajarmu menyenangkan.

9. Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup sangat penting untuk meningkatkan produktivitas. Jangan ragu untuk istirahat sejenak jika merasa kelelahan. Dengan cara ini, kamu bisa kembali beraktivitas dengan pikiran yang fresh. Eitsss, tapi jangan terlena dengan waktu istirahat ini, secukupnya saja, ya!

Ingat, mengatasi prokrastinasi butuh kesadaran diri dan usaha yang konsisten. Dengan menerapkan tips-tips di atas secara konsisten, perlahan perilaku prokrastinasimu akan hilang dan produktivitas pun meningkat.

Agar hidupmu lebih produktif, kamu dapat mengikuti kelas online by KampusInovatif.id. Ada banyak pilihan kelas yang dapat kamu sesuaikan dengan minat dan kebutuhan, mulai dari Kelas Cerdas Digital, Kelas Karir Profesional, hingga Kelas Tugas Akhir. Dengan mengikuti kelas ini kamu tidak hanya akan memperoleh bekal karier, namun juga akan lebih disiplin terhadap waktu karena setiap pertemuan dijadwalkan secara rutin.

Tunggu apalagi? Yuk, daftarkan dirimu sekarang juga! Kuota terbatas loh!


Penulis: Anisaa | Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Artikel Terkait

15 Rekomendasi AI dan Aplikasi untuk Memudahkan Tugas Mahasiswa
4 min
Digital Detox untuk Mahasiswa, Istirahatkan Otak dari Screen-Time
2 min
4 Rekomendasi Website untuk Cek Salah Ketik dan EYD
2 min
Rekomendasi Situs Jurnal dan Artikel Berdasarkan Jurusan
4 min
Cara Efektif Membangun Personal Branding bagi Mahasiswa
2 min
Kesulitan Problem Solving? Ini Strategi Jitu Menuju Solusi Terbaik!
3 min