Diterbitkan 08 Feb 2024

Referensi Judul Skripsi dan Panduan untuk Menyusunnya

Skripsi merupakan kewajiban yang harus dituntaskan oleh mahasiswa untuk memperoleh gelar sarjana. Tak jarang mahasiswa takut menghadapi mata kuliah ini. Padahal jika mengetahui cara praktis menyusun skripsi, semuanya akan lebih mudah dan selesai tepat pada waktunya.

Kelas Kampus Inovatif

227x
Bagikan

Menjelang akhir perjalanan kuliah, setiap mahasiswa pasti dihadapkan pada tugas akhir berupa skripsi. Bagi sebagian mahasiswa, hal ini seringkali dianggap sebagai tantangan bahkan beban. Skripsi bukan hanya sekadar kewajiban akademis, tetapi juga merupakan bukti kemampuan mahasiswa dalam menggali, menganalisis, dan menyajikan informasi secara ilmiah. Menyusun skripsi tidak akan menjadi momok yang menakutkan, asalkan kamu mengikuti panduan praktis berikut. Selain itu, jika kamu menikmati tiap jengkal prosesnya, justru akan lebih mudah untuk meraih gelar akademis yang kamu impikan.

 

Mahasiswa Tingkat Akhir yang Sedang Mengerjakan Tugas Akhir Skripsi (Sumber: Freepik)

 

Contoh Judul Skripsi yang Menarik

1. Analisis Sentimen Twitter terhadap Kebijakan Pendidikan Jarak Jauh Selama Pandemi

Skripsi ini meneliti bagaimana pendapat publik yang tercermin dalam cuitan di Twitter terkait pendidikan jarak jauh.

2. Eksplorasi Penggunaan Teknologi Blockchain dalam Pengelolaan Data Pasien Rumah Sakit

Topik ini bisa kamu pilih jika tertarik untuk meneliti potensi teknologi blockchain dalam meningkatkan keamanan dan keandalan data kesehatan.

3. Dinamika Perubahan Budaya Organisasi dalam Era Digital

Skripsi ini bisa membahas bagaimana budaya organisasi mengalami perubahan dengan masuknya teknologi digital.

4. Analisis Visualisasi Data untuk Mendukung Pengambilan Keputusan dalam Bisnis Online

Topik bisa kamu jadikan skripsi jika ingin meneliti efektivitas visualisasi data dalam membantu pengusaha online membuat keputusan yang lebih baik.

 

Itu tadi beberapa rekomendasi judul skripsi menarik yang bisa kamu pilih dan sesuaikan dengan jurusanmu. Selanjutnya, kamu juga dapat mengikuti panduan berikut agar lebih mudah dan terstruktur untuk mulai menyusun skripsi.

 

Cara Praktis Menyusun Tugas Akhir atau Skripsi

1. Pilih Topik yang Menarik

Nah, pada langkah ini kamu bisa memilih topik yang sesuai minat dan relevan dengan bidang studimu. Topik yang menurutmu menarik akan membuat proses penelitian lebih menyenangkan. Kamu bisa mengambil referensi yang telah disebutkan di atas atau topik-topik lainnya, ya!

2. Manajemen Waktu dengan Bijak

Atur waktumu dengan baik untuk setiap tahap penyusunan skripsi, mulai dari penulisan latar belakang hingga pengambilan data. Hindari menunda-nunda pekerjaan. Kamu bisa membuat target atau deadline untuk pengerjaan tiap bab agar lebih termotivasi untuk menyelesaikannya.

3. Lakukan Penelitian Mendalam

Kumpulkan data sebanyak mungkin dari sumber yang terpercaya. Gunakan metode penelitian yang sesuai dengan topik yang kamu ambil.

4. Gunakan Bahasa yang Jelas dan Sederhana

Hindari penggunaan bahasa yang terlalu rumit. Sampaikan ide dan temuan dengan bahasa yang jelas agar mudah dipahami oleh pembaca. Namun, pastikan kamu tetap berpedoman pada EYD, ya!

5. Libatkan Dosen Pembimbing

Berdiskusilah secara teratur dengan dosen pembimbing. Dapatkan umpan balik dari sesi bimbingan untuk meningkatkan kualitas skripsimu.

6. Edit dan Koreksi Teks

Lakukan revisi dan koreksi secara menyeluruh. Pastikan tata bahasa, struktur, dan argumen skripsimu sudah sesuai dengan panduan yang dosen pembimbing berikan.

7. Siapkan Pertanyaan Ujian dengan Baik

Antisipasi pertanyaan yang mungkin diajukan saat sidang skripsi. Persiapkan jawaban dengan baik untuk memastikan kelancaran ujian. Kamu bisa mencari referensi pertanyaan di internet atau media sosial terkait pertanyaan apa saja yang sering ditanyakan oleh dosen penguji ketika sidang skripsi. Dengan mengikuti panduan ini dan memilih judul skripsi yang menarik, proses penyusunan skripsi dapat menjadi lebih menyenangkan dan berkesan. Ingatlah bahwa skripsi adalah kesempatan untuk menunjukkan kemampuan akademis dan kontribusi penelitianmu kepada masyarakat. Selamat menunaikan ibadah skripsi, ya!

 

Nah, selain mengikuti panduan praktis di atas kamu juga dapat memantapkan prosesmu dalam menyelesaikan tugas akhir atau skripsi dengan mengikuti Kelas Tugas Akhir by KampusInovatif.id.

 

Dengan mengikuti kelas tersebut kamu bisa belajar banyak hal mulai dari analisa data skripsi, pemilihan jurnal, bimbingan skripsi dengan trainer profesional, hingga bimbingan jurnal. Kamu juga bisa memilih kelas online atau offline sesuai dengan kebutuhanmu. Tunggu apalagi? Yuk daftarkan dirimu sekarang juga melalui platform KampusInovatif.id karena kuota terbatas!


Penulis: Anisaa Penyunting: Dwita

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Artikel Terkait

-Belum ada konten terkait-