Diterbitkan 07 Jun 2024

9 Jurusan Sepi Peminat dengan Prospek Menjanjikan

Kamu masih bingung harus memilih jurusan apa untuk melanjutkan ke perguruan tinggi nanti? Memilih jurusan yang sepi peminat tetapi dibutuhkan sektor industri bisa menjadi salah satu strategi jitu kamu nih! Penasaran apa saja jurusan tersebut? Simak selengkapnya.

Tips & Trick

Pers Kampusinovatif

Kunjungi Profile
55x
Bagikan

Kamu masih bingung harus memilih jurusan apa untuk melanjutkan ke perguruan tinggi nanti? Jurusan yang tersedia memang sangatlah banyak, maka kamu memerlukan strategi untuk menentukan yang terbaik untuk masa depanmu. Sejumlah universitas menyediakan jurusan yang sepi peminat tetapi dinilai memiliki peluang kerja yang luas. Jurusan sepi peminat dipengaruhi oleh banyak faktor seperti terbatasnya perguruan tinggi yang meneydiakan jurusan tersebut, belum banyak yang mengetahui jurusan tersebut atau karena publik menilai sebagai ilmu yang tidak perlu dipelajari di perguruan tinggi.

Memilih jurusan yang sepi peminat tetapi dibutuhkan sektor industri bisa menjadi salah satu strategi jitu kamu nih! Penasaran apa saja jurusan tersebut? Simak selengkapnya.

 

Ilustrasi Belajar di Universitas (Foto: Canva)

 

1. Oseanografi

Indonesia merupakan negara yang dikelilingi oleh lautan, maka dari itu negara kita memiliki sebutan negara maritim atau negara yang potensi utama dan kekuatannya berbasis sumber daya yang berada di laut. Oleh karena itu, sangat dibutuhkan ahli kelautan seperti lulusan dari jurusan oseanografi. Di dalamnya kamu akan belajar mengenai kondisi laut dan bagaimana memaksimalkan potensinya.

2. Antropologi Sosial

Bagi kamu yang kurang tertarik dengan bidang ilmu pengetahuan alam seperti oseanografi, kamu bisa memilih jurusan yang satu ini. Antropologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang perilaku dan hubungan manusia. Hal ini lah yang menjadikan jurusan antropologi dibutuhkan banyak sektor karena kita adalah manusia dan penting untuk mempelajarinya demi kemajuan bersama. Lulusan jurusan ini dapat berkarir di bidang riset akademik, penelitian dan pengembangan atau etnografi pemasaran.

 

Baca juga: 10 Juta Gen Z Menganggur! Kok Bisa?

 

3. Fisioterapi

Seperti yang kita ketahui, masalah kesehatan merupakan salah satu masalah yang paling krusial untuk diperhatikan sehingga nantinya pasti memiliki banyak peluang pekerjaan. Jurusan fisioterapi erat hubungannya dengan kesehatan karena merupakan cabang dari ilmu kedokteran. Di jurusan ini kamu akan belajar seputar fungsi gerak manusia, seperti bagaimana cara yang benar untuk menjaga agar terus berfungsi dengan maksimal atau bagaimana cara memulihkan fungsi gerak pasca cedera. Lulusan fisioterapi dibutuhkan di rumah sakit atau klinik kesehatan.

4. Teknik Geodesi

Jika kamu memilih teknik geodesi untuk jurusan kuliah, kamu akan banyak mempelajari ilmu bumi dan lingkungan fisik bumi. Di beberapa kampus, teknik geodesi dinamakan teknik geomatika karena akan mempelajari soal survei dan pemetaan yang dilakukan dengan proses pengukuran, analisis, sampai penyajian data berbasis muka bumi. Pekerjaan yang menanti lulusan jurusan ini ada banyak salah satunya adalah Badan Pertanahan Nasional (BPN).

5. Teknik Desain Manufaktur

Dampak dari perkembangan bisnis manufaktur, tuntutan untuk mencari ahli di bidang terkait. Diharapkan jika kamu memasuki jurusan ini, kamu akan memiliki keterampilan seputar desain baja atau non baja, proses serta kontrol manufaktur hingga perencanaan kebutuhan material. Desain manufaktur akan sangat dibutuhkan pada bisnis pembuatan kapal.

6. Ilmu Perpustakaan

Apakah kamu pernah membayangkan terdapat jurusan seperti ini? Jangan salah, jurusan ilmu perpustakaan prospek kerjanya bukan menjadi penjaga perpustakaan! Kamu akan mempelajari cara mengelola perpustakaan, teknologi informasi sampai manajemennya. Banyak keterampilan dari ilmu perpustakaan yang dibutuhkan oleh banyak sektor industri, salah satunya adalah sebagai pengontrol dokumen (document controller) dan sekretaris.

7. Kehutanan

Tahukah kamu? Presiden Jokowi Dodo juga merupakan lulusan kehutanan loh! Meskipun begitu, jurusan ini masih terhitung sepi peminat. Padahal, pengelolaan hutan sangat penting untuk keberlanjutan sumber daya alam yang kita miliki. Konservasi hutan akan sangat membutuhkan orang yang memiliki pemahaman mengenai fungsi dan penggunaan ekosistem, konservasi lingkungan sampai penebangan hutan.

 

Baca juga: Jangan Sampai Menjadi Salah Satunya! Ini Solusi Atasi Gen Z Menganggur

 

8. Ilmu Arkeologi

Siapa di antara kamu yang saat kecil bermain peran sebagai orang yang menggali tanah dan menemukan tulang belulang dinosaurus? Mari merapat karena jurusan ini memiliki keterkaitan dengan imajinasi kamu dulu! Ilmu arkeologi merupakan ilmu penggabungan antara sejarah dan geologi, tetapi prospek kerjanya bukan menggali ya. Kamu akan mengkaji penemuan di masa lalu, mempelajari peristiwa yang terjadi dan menaksir berapa tahun usia artefak yang kamu teliti. Lulusan jurusan ini dapat berkarir pada situs penggalian arkeologis, cagar budaya, dan museum.

9. Astronomi

Apakah kamu percaya dengan ramalan zodiak? Jurusan ini seringkali dikaitkan dengan rasi bintang yang konon mempengaruhi sifat manusia, betulkah itu? Ilmu astronomi benar mempelajari soal fenomena benda langit dan berbagai peristiwa yang terjadi di luar angkasa. Kajian ilmu ini menggabungkan ilmu kimia, biologi dan fisika. Jadi astronomi bukan mempelajari ramalan ya!

Ingin mengetahui seputar dunia perkuliahan, seperti tips atau cara upragding skill untuk siap terjun di dunia kerja? Kunjungi situs Kampusinovatif.id untuk mengetahui informasi yang bermanfaat untuk kamu meniti karir di masa depan!


Penulis: Sarah Penyunting: Francois Rynasher Mamarimbing

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Artikel Terkait

Cara Cepat Review Jurnal, Simak Selengkapnya!
Kesulitan Problem Solving? Ini Strategi Jitu Menuju Solusi Terbaik!
Terapkan Strategi Ini Agar Presentasimu Jadi Efektif!
Jenuh Belajar? Kenali Tanda-tanda Burn Out dan Cara Mengatasinya