Diterbitkan 29 Apr 2024

University War: Suntikan Motivasi Belajar Buat Mahasiswa!

Akhir-akhir ini jagat maya diramaikan dengan reality show asal Korea Selatan yang mengumpulkan mahasiswa dari universitas top untuk mengadu kecerdasan. Intip pelajaran yang bisa diambil untuk kamu para mahasiswa!

Cerita Mahasiswa

Pers Kampusinovatif

Kunjungi Profile
282x
Bagikan

University War, sebuah reality show asal Korea Selatan yang mengusung konsep unik dan berbeda dari reality show yang pernah tayang sebelumnya. Program ini menampilkan peserta yang merupakan mahasiswa terbaik dari universitas ternama di Korea Selatan untuk adu kecerdasan dan kerja sama dalam memecahkan berbagai tantangan akademis, selayaknya cerdas cermat versi mahasiswa nih!

 

Baca juga: Sering Menggunakan AI untuk Riset? Ini Dia Peluang dan Tantangannya

 

University War pertama kali viral saat potongan adegan peserta sedang mengerjakan soal dengan begitu mengagumkan beredar di sosial media TikTok. Padahal, reality show ini sudah tayang sejak November 2023 pada layanan streaming Coupang Play dan menyelesaikan musim pertamanya dengan 8 episode. University War juga digadang akan memulai musim keduanya pada tahun 2024. Tantangan yang harus dilalui peserta tidak melulu mengandalkan kecerdasan otak, tetapi juga perlu bekerja sama serta berpikir kreatif. Pada penanyangan musim pertama, program ini mengikutsertakan total 6 universitas terbaik di Korea Selatan dan dunia. Yaitu, Seoul National University (SNU), Korea University (KU), Yonsei University, Korea Advanced Institute of Science & Technology (KAIST), Pohang University of Science and Technology (POSTECH) dan menyusul di episode 3, hadir perwakilan dari Harvard University sebagai pelengkap sekaligus membuat persaingan semakin sengit, mengingat Harvard University menduduki urutan kedua universitas terbaik dunia.

Ilustrasi University War (Foto: Twitter)

Apa saja sih yang dapat diambil sebagai motivasi dari University War? Simak selengkapnya.

1. Pentingnya Pendidikan

University War menunjukkan bahwa pendidikan merupakan hal yang penting dan patut diperjuangkan, tetapi dikemas dengan menyenangkan. Maka dari itu hal ini dapat memotivasi mahasiswa untuk untuk belajar lebih giat dan mencapai prestasi yang tinggi. Acara ini menyebarkan kesadaran tentang pentingnya pendidikan sebagai jembatan menuju cita-cita yang dituju dengan mengekspos kegigihan perjuangan dari para mahasiswa untuk memenangkan kompetisi dan meraih beasiswa senilai 40 juta won sebagai hadiah. Bukan sekadar menghibur, acara ini juga turut menyampaikan informasi edukatif seputar akademis, tak jarang dari penonton yang mencoba untuk menyelesaikan soal yang diberikan.

2. Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif

Program ini menunjukkan bahwa skill berpikir kritis dan kreatif adalah skill yang penting dalam penyelesaian masalah. Tim produksi banyak mengeluarkan soal yang mendesak peserta untuk berpikir secara kritis dan kreatif, jadi peserta tidak hanya mengandalkan kejeniusan namun juga melatih bagimana bisa berpikir out of the box untuk mencapai solusi. University War banyak menginspirasi penonton dengan menampilkan cara penyelesaian soal dengan strategi dari peserta yang dapat diadopsi penonton jika menemukan soal serupa.

 

Baca juga: Sering Jadi Tempat Curhat? Ternyata Mendengarkan Ada Seninya Lho!

 

3. Kerjasama Tim dan Kepemimpinan

Selain meningkatkan skill yang berkaitan hanya dengan diri sendiri, University War juga melatih skill untuk berkerjasama karena sistem kompetisi yang dinilai per tim sesuai dengan asal universitas. Mereka dituntut untuk dapat berkolaborasi menyelesaikan misi dan tantangan bersama orang lain yang mungkin saja belum pernah mereka kenal karena berasal dari jurusan yang berbeda-beda. Program ini mengajarkan bahwa dibutuhkan sinergi yang padu untuk dapat mencapai tujuan bersama

4. Ketekunan dan Pantang Menyerah

University War menunjukkan bahwa kegagalan adalah bagian dari proses belajar. Para peserta tidak selalu menang, namun mereka tidak pernah menyerah dan terus berusaha untuk menjadi lebih baik. Hal ini merupakan pelajaran penting bagi mahasiswa untuk tetap semangat dan pantang menyerah dalam proses pencarian solusi. Kegigihan tiap peserta pada setiap langkah yang mereka ambil saat menyelesaikan tantangan bersama menggambarkan kuatnya niat mereka untuk memberikan yang terbaik.

University War adalah program yang bagus untuk kamu yang membutuhkan motivasi dan inspirasi belajar. Melihat para peserta yang begitu mengagumkan, pasti kamu jadi ikutan ingin menjadi seperti mereka, kan? Di acara ini kamu tidak hanya terhibur tapi dapat juga menjadi motivasi penggerak dalam aktivitas akademis kamu, sehingga kamu bisa berproges alih-alih berjalan di tempat. Untuk membantu kamu meningkatkan progres, Kampusinovatif.id menawarkan banyak kelas untuk mengembangkan skill yang akan berguna untuk kamu di kemudian hari. Karena sudah dapat suntikan semangat dari University War, ini waktunya kamu bergerak untuk berupaya dengan nyata melalui Kampusinovatif.id. Tunggu apa lagi? Yuk cek sekarang!


Penulis: Sarah Penyunting: Dwita

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Artikel Terkait

Pionir Penyebaran isi Kesehatan Mental pada Media Sosial
Quarter Life Crisis sebagai Krisis Era Digital Mahasiswa
Satu Hari Lagi: Pengumuman UTBK SNBT 2024! Cek Di mana?
Jangan Remehkan Generasi Z! Pemimpin Baru dalam Perjuangan Kesehatan Mental
Kenali Asupan yang Tepat untuk Kesehatan Mental
Menyelami Pikiran Bunuh Diri dalam Kalangan Generasi Z dan Apa Solusinya