Diterbitkan 12 Jun 2024

Satu Hari Lagi: Pengumuman UTBK SNBT 2024! Cek Di mana?

Tahukah kamu pengumuman hasil UTBK SNBT 2024 atau Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes akan diumumkan pada hari Kamis 13 Juni 2024 pukul 15.00 WIB. Lantas, bagaimana cara mengecek pengumuman SNBT 2024? Simak selengkapnya!

Cerita Mahasiswa

Pers Kampusinovatif

Kunjungi Profile
87x
Bagikan

Tahukah kamu pengumuman hasil UTBK SNBT 2024 atau Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes akan diumumkan pada hari Kamis 13 Juni 2024 pukul 15.00 WIB. Dilansir dari media sosial Instagram SNPMB untuk bisa mengakses pengumuman tersebut terdapat 41 tautan dengan rincian 1 tautan utama dan 40 tautan mirror. Apa bedanya? Tautan utama merupakan tautan laman pengumuman-snbt-snpmb.bppp.kemendikbud.go.id sedangkan tautan mirror merupakan laman resmi miliki Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang akan menyediakan pengumuman SNBT karena telah dimodifikasi sebelumnya. Lantas, bagaimana cara mengecek pengumuman SNBT 2024? Simak selengkapnya!

Ilustrasi SNBT (Foto: Canva)

Tahapan Cek Pengumuman SNBT 2024

Kamu perlu mempelajari bagaimana langkah-langkah untuk bisa mengakses pengumuman SNBT 2024 agar pada hari-H kamu tidak kebingungan. Berikut langkah yang bisa kamu ikuti:

  1. Cari dan buka laman

https://pengumuman-snbt-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/ atau tautan mirror yang sudah disediakan.

  1. Klik menu dan pilih “SNBT” kemudian pilih “Pengumuman SNBT”.
  2. Isi pada kolom yang tersedia dengan nomor peserta kamu.
  3. Masukkan tanggal lahir kamu.
  4. Pilih “Lihat Hasil Seleksi” setelah klik disini kamu dapat melihat status kelulusan ujian yang telah kamu kerjakan.
  5. Jika header pengumumannya berwarna maka kamu dinyatakan lolos, sedangkan jika berwarna merah artinya kamu belum lolos.

Daftar Tautan Mirror Pengumuman SNBT 2024

Jika kamu khawatir terjadi gangguan server di tautan utama karena terlalu banyak yang mengakses di waktu yang bersamaan, kamu perlu mengetahui tautan mana yang bisa mengakses informasi pengumuman. Berikut merupakan daftar tautan mirror yang bisa kamu jadikan alternatif untuk mengakses hasil SNBT 2024!

  1. https://snbt.ipb.ac.id
  2. https://snbt.isbi.ac.id
  3. https://snbt.itb.ac.id
  4. https://snbt.itk.ac.id
  5. https://snbt.its.ac.id
  6. https://snbt.ugm.ac.id
  7. https://snbt.uho.ac.id
  8. https://snbt.ui.ac.id
  9. https://snbt.unimal.ac.id
  10. https://snbt.unsri.ac.id
  11. https://snbt.ulm.ac.id
  12. https://snbt.unimed.ac.id
  13. https://snbt.untan.ac.id
  14. https://snbt.unair.ac.id
  15. https://snbt.unja.ac.id
  16. https://snbt.untirta.ac.id
  17. https://snbt.unand.ac.id
  18. https://snbt.unm.ac.id
  19. https://snbt.unud.ac.id
  20. https://snbt.undiksha.ac.id
  21. https://snbt.unnes.ac.id
  22. https://snbt.uny.ac.id
  23. https://snbt.undip.ac.id
  24. https://snbt.unej.ac.id
  25. https://snbt.unp.ac.id
  26. https://snbt.unpad.ac.id
  27. https://snbt.upnjatim.ac.id
  28. https://snbt.upnvj.ac.id
  29. https://snbt.unesa.ac.id
  30. https://snbt.unram.ac.id
  31. https://snbt.usk.ac.id
  32. https://snbt.ung.ac.id
  33. https://snbt.uns.ac.id
  34. https://snbt.usu.ac.id
  35. https://snbt.unhas.ac.id
  36. https://snbt.unsika.ac.id
  37. https://snbt.ut.ac.id
  38. https://snbt.unib.ac.id
  39. https://snbt.unsrat.ac.id
  40. https://snbt.utu.ac.id

Hal yang Bisa Kamu Lakukan Jika Tidak Lolos SNBT 2024

Ketika kamu mengecek pengumuman dan hasilnya tidak sesuai dengan harapan kamu, jangan berlarut dalam kesedihan, masih banyak langkah yang bisa kamu ambil untuk menata masa depan kamu. Apa saja yang bisa kamu lakukan jika tidak berhasil lolos SNBT 2024? Langkah berikut mungkin bisa kamu pertimbangkan!

1. Jalur mandiri

Kalau kamu masih ingin memperjuangkan universitas yang kamu inginkan, kamu bisa mencoba masuk dengan jalur ini. Jalur mandiri merupakan jalur yang diadakan murni dari perguruan tinggi, tidak ada lagi campur tangan pemerintah. Jalur ini biasanya dilaksanakan dengan periode yang lumayan panjang, jadi kamu bisa punya waktu tambahan untuk mempersiapkan kembali. Selain itu, di beberapa universitas terdapat jalur mandiri yang seleksinya menggunakan nilai UTBK SNBT kamu.

2. Memilih PTS

PTS atau Perguruan Tinggi Swasta saat ini memiliki kualitas yang tak kalah bagus dari Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Kamu tetap bisa mengoptimalkan masa studi kamu di PTS, bahkan terdapat universitas yang berstatus swasta termasuk dalam daftar peringkat terbaik dunia. Melansir QS World University Rangkings (WUR) 2025 beberapa perguruan tinggi swasta di Indonesia yang bergengsi antara lain, Binus University, Universitas Islam Indonedia, dan Telkom University.

3. Memilih kedinasan

Jika kamu tidak memilih perguruan tinggi swasta, sekolah kedinasan bisa jadi pilihan kamu. Kelebihan dari sekolah kedinasan adalah kamu bisa terbebas dari biaya pendidikan dan bahkan mendapat uang saku tiap bulan. Sekolah di kedinasan juga bisa menjadi short cut untuk kamu yang berminat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

4. Gap Year

Selain memilih alternatif pendidikan lanjutan lainnya, kamu juga dapat memilih untuk mengambil jeda menunda atau gap year. Menunda masuk perkuliahan bukanlah hal yang memalukan, selama periode jeda ini kamu dapat berlatih dengan matang untuk mempersiapkan ujian di tahun selanjutnya. Kamu juga bisa mengisi waktu dengan mengikuti pelatihan yang dapat meningkatkan keterampilan yang nantinya bisa bermanfaat ketika kamu masuk perguruan tinggi atau bahkan saat nanti terjun di dunia kerja.

Kamu bisa mengikuti pelatihan seperti yang Kampusinovatif.id tawarkan nih! Kebetulan, Kampusinovatif.id sedang memiliki upcoming event berupa talkshow yang bertajuk “How to Start Your Own Business: Gen Z Bisa Jadi Pengusaha Kok!” Cocok banget nih buat kamu yang punya minat besar di dunia bisnis. Jangan lupa cek di sini atau di Kampusinovatif.id/event


Penulis: Sarah Penyunting: Francois Rynasher Mamarimbing

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Artikel Terkait

Kenali Asupan yang Tepat untuk Kesehatan Mental
Menyelami Pikiran Bunuh Diri dalam Kalangan Generasi Z dan Apa Solusinya
Quarter Life Crisis sebagai Krisis Era Digital Mahasiswa
University War: Suntikan Motivasi Belajar Buat Mahasiswa!
Pionir Penyebaran isi Kesehatan Mental pada Media Sosial
Jangan Remehkan Generasi Z! Pemimpin Baru dalam Perjuangan Kesehatan Mental