Diterbitkan 25 Mei 2024

Partisipasi Gen Z dalam Meminimalisir Gangguan Kesehatan Mental

Artikel ini memuat tentang informasi terkait kesehatan mental, tanda-tanda terganggunya kesehatan mental, dan kontribusi yang dapat dilakukan oleh gen Z untuk meminimalisir terjadinya gangguan kesehatan mental pada diri sendiri dan orang lain.

Pengembangan Diri

Trizki Diva Maharani

Kunjungi Profile
79x
Bagikan

Image Source : ITS Online

Halo, bagaimana kabarnya hari ini? bagaimana keadaan beberapa hari belakangan? semoga baik hari kemarin maupun yang akan datang, kita semua selalu diberikan kekuatan untuk menjalaninya, keberkahan yang melimpah dalam hal-hal baik dan pastinya kesehatan yang terjaga baik fisik maupun mental. 

Yuk, masuk ke pembahasan !

Definisi Kesehatan Mental

Kesehatan mental (mental health) menjadi aspek yang penting untuk diperhatikan dalam mewujudkan kesehtan yang baik secara menyeluruh. Hal tersebut dikarenakan kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik yang harus terus diperhatikan. Sebagaimana definisi sehat yang dikemukakan oleh World Health Organization (WHO) yaitu seseorang dikatakan sehat mentalnya jika ia sehat utuh secara fisik, rohani, dan sosial bukan sekedar bebas dari penyakit atau kelemahan. 

Kesehatan mental atau kesehatan jiwa merupakan perasaan senang dan semangat dalam menjalani hidup serta dapat melakukan hal-hal positif baik untuk diri sendiri maupun orang lain. Terganggunya kesehatan mental membuat orang tidak lagi merasakan perasaan yang sama ketika masih dalam keadaan mental yang sehat. Hal ini dapat ditandai dengan berbagai gejala mulai dari terganggunya kecemasan, kepribadian, psikotik, suasana hati yang mudah berubah, pola makan, pengendalian impuls, dan kecanduan. Oleh karena itu, penting sekali untuk memperhatikan kesehatan mental dalam diri.

Kontribusi Gen Z

Sebagai seorang Gen Z, kita diharapkan mampu untuk berperan sebagai Agents of Change dalam membantu mengubah dan menekan angka gangguan kesehatan mental dan meminimalisir terjadinya pada diri kita dan pada diri orang di lingkungan sekitar kita. Lantas yang menjadi pertanyaan, bagaimana caranya?

Cara yang dapat kita lakukan untuk meminimalisir terjadinya gangguan kesehatan mental adalah dengan terus menciptakan, menanamkan dan menebarkan positive vibes atau lingkungan dan suasana yang positif pada diri sendiri maupun orang disekitar kita. Hal tersebut dapat diwujudkan melalui pemberian apresiasi dan pujian pada hasil kerja orang lain, memberikan semangat, mendengarkan keluh kesah, dan hal lainnya yang dapat menggambarkan sebuah dukungan terhadap orang lain. Selain itu, kita juga dapat melakukan hal-hal yang baik dan bertujuan positif untuk membangun vibes yang positif pula bagi diri kita. Mulailah dengan memaksimalkan waktu dengan sesuatu yang produktif dan tidak mengambil pusing atau mengabaikan pandangan tidak baik orang lain terhadap diri kita. Dengan begitu, maka kita sebagai Gen Z telah menjadi Agents of Change dalam meminimalisir angka gangguan kesehatan mental dalam diri kita maupun orang disekitar kita.

"There is no health without mental health”. -David Satcher


Penyunting:  Sarah

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Artikel Terkait

6 Langkah Praktis Meningkatkan Produktivitas
Agen Perubahan Mental: Generasi Z Membuka Jalan!
Gen Z bukan Superman
#MentalHealthMatters: Bagaimana Gen Z Berkontribusi dalam Problematika Mental Health
REVITALISASI KESEHATAN MENTAL: GENERASI Z SEBAGAI AGENTS OF CHANGE
Ikuti Organisasi Ekstra Kampus Ini dan Dapatkan Nilai Plus di CV Kamu!