Diterbitkan 18 Jul 2024

Kuasai Skill Public Speaking dengan Menerapkan Tips Berikut!

Mengenyam pendidikan di perguruan tinggi akan selalu dihadapkan dengan keterampilan public speaking. Bagi sebagian orang hal ini mudah dilakukan karena merupakan kemampuan alamiah yang mereka miliki. Namun, bagi pemula perlu menerapkan beberapa tips jitu agar lancar berbicara di depan umum.

Tips & Trick

Pers Kampusinovatif

Kunjungi Profile
233x
Bagikan

Menyandang status sebagai mahasiswa tentu akan selalu berdampingan dengan keterampilan public speaking. Misalnya, ketika melakukan presentasi atau terjun secara langsung ke lingkungan masyarakat untuk melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) keterampilan ini menjadi skill utama yang dibutuhkan. Namun, tak jarang public speaking menjadi tantangan bagi banyak mahasiswa hingga mereka merasa cemas ketika hendak tampil di depan banyak orang. Padahal jika terlatih dengan baik dapat membawa manfaat besar dalam pengembangan keterampilan komunikasi baik di dunia pendidikan maupun pekerjaan. Jika kamu termasuk dalam golongan yang sering merasa demam panggung ketika melakukan public speaking tak usah risau, kamu bisa mengikuti beberapa tips berikut agar lebih percaya diri berbicara di depan umum.

Kuasai Skill Public Speaking dengan Menerapkan Tips Berikut!
Seorang Mahasiswa yang Sedang Melakukan Public Speaking (Sumber: Freepik)

7 Cara Mengasah Skill Public Speaking

Berikut ini 7 cara yang dapat kamu lakukan untuk mengasah kemampuan berbicara di depan umum (public speaking):

1. Persiapkan dengan baik

Persiapkan materi presentasi secara menyeluruh. Pahami topik yang akan kamu sampaikan dengan baik dan jangan lupa untuk membuat catatan ringkas. Dengan persiapan yang matang, kepercayaan dirimu akan meningkat, hal ini tentunya dapat membuat presentasimu terasa lebih enjoy. Selain dari segi materi, kamu juga perlu mengenali audiens secara mendalam agar bisa memilih gaya bahasa dan sapaan yang tepat untuk kamu gunakan.

2. Latihan rutin

Kamu bisa melakukan praktik presentasi di depan teman atau cermin. Latihan ini akan membantumu mengatasi kegugupan dan meningkatkan pemahamanmu terhadap materi yang hendak disampaikan kepada audiens. Semakin sering berlatih, semakin baik pula kemampuan public speakingmu. Selain itu, kamu juga bisa mengevaluasi bagian yang perlu kamu perbaiki atau tingkatkan kedepannya ketika melakukan public speaking.

3. Pelajari gaya berbicara

Penting untuk memahami gaya berbicara yang sesuai dengan kepribadianmu dan tentunya target audiens yang dituju. Jangan takut mengekspresikan diri dengan bahasa tubuh yang positif dan suara yang jelas agar apa yang kamu sampaikan lebih mudah dicerna oleh audiens. Di samping itu, hal ini juga membantu menarik perhatian audiens dan membuat presentasi lebih menarik.

4. Terlibat dengan audiens

Libatkan audiens dalam presentasi yang kamu lakukan. Ajukan pertanyaan, gunakan contoh, atau ceritakan pengalaman pribadi. Cara ini dapat menciptakan interaksi yang membuat presentasi lebih hidup dan memudahkanmu untuk tetap tenang. Catat, jangan melakukan public speaking dengan metode ceramah atau komunikasi satu arah, ya! Hal ini akan membuat audiensmu merasa bosan bahkan tidak tertarik menyimak apa yang kamu sampaikan.

5. Kelola rasa gugup

Kegugupan adalah bagian alami dari public speaking. Namun, kamu bisa mengalihkan energi gugup ini menjadi kekuatan positif. Caranya dengan tarik napas, tersenyum, dan ingatlah bahwa audiens adalah temanmu, bukan penonton atau juri yang menilai.

6. Gunakan visual aids secara efektif

Fyi, visual aids seperti halnya slide presentasi yang dapat membantumu memperkuat poin-poin yang kamu sampaikan. Pastikan untuk menggunakan gambar atau grafik yang relevan dan hindari teks yang terlalu banyak agar audiens tidak merasa bosan. Cara ini efektif utuk membantumu menjaga perhatian dan fokus audiens.

7. Terima Umpan Balik

Setelah presentasi berakhir, mintalah umpan balik dari teman atau dosen. Melalui cara ini, kamu dapat mengetahui bagian yang perlu diperbaiki serta membantumu berproses sebagai pembicara yang lebih baik kedepannya.

Melatih keterampilan public speaking memang memerlukan waktu dan dedikasi, tetapi dengan konsistensi dalam berlatih maka kamu dapat dengan mudah mengatasi rasa takut dan menjadi pembicara yang percaya diri. Ingatlah bahwa setiap kegagalan adalah peluang untuk belajar dan dengan latihan yang cukup maka keterampilan public speakingmu akan terus berkembang.

Selain mengikuti tips di atas, kamu juga dapat mengasah skillmu dengan mengikuti kelas karier profesional by KampusInovatif.id. Melalui kelas ini kamu akan dibimbing secara intensif oleh trainer yang berpengalaman di bidangnya.

Tunggu apalagi? Daftarkan dirimu sekarang juga dan raih karier cemerlangmu!


Penulis: Anisaa | Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Artikel Terkait

4 Rekomendasi Website untuk Cek Salah Ketik dan EYD
2 min
Ini Dia 15 Rekomendasi AI dan Aplikasi untuk Memudahkan Tugas Mahasiswa
4 min
Rekomendasi Situs Jurnal dan Artikel Berdasarkan Jurusan
4 min
Tips Belajar Desain Grafis untuk Pemula, Ikuti Cara Efektif Ini!
3 min
Jenuh Belajar? Kenali Tanda-tanda Burn Out dan Cara Mengatasinya

Pers Kampusinovatif

22 April 2024
3 min
Tips Ampuh Atasi Prokrastinasi, Siap Jadi Mahasiswa Produktif!
3 min