Diterbitkan 03 Apr 2024

Ngabuburit Produktif!: Jangan Biarkan Ramadhan Kamu Sia-sia!

Saat beribadah puasa di bulan Ramadhan, kita sering mendengar istilah ngabuburit nih! Umumnya, ngabuburit diisi dengan berburu takjil atau berjalan-jalan. Namun, tahukah kamu bahwa ngabuburit dapat menjadi waktu yang lebih bermanfaat? Mau tau gimana caranya? Simak artikel di bawah!

Pengembangan Diri

179x
Bagikan

Tak terasa, bulan suci Ramadhan kembali menyapa kita dengan penuh berkah dan kebahagiaan. Semoga puasa kamu lancar dan belum ada yang bolong ya! Kamu tahu ga sih? Bulan ini spesial banget khususnya bagi umat islam karena dapat menjadi kesempatan untuk meningkatkan taqwa dan iman kepada Allah SWT. Nah, selain karena keistimewaan dan keutamaannya dalam pelaksanaan ibadah.

 

Ramadhan selalu dinanti-nantikan karena kita dapat melakukan kegiatan mengasyikkan lainnya seperti ngabuburit. Budaya ini telah ada selama bertahun-tahun di Indonesia, lho! Untuk kamu yang belum tau apa itu ngabuburit, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) ngabuburit atau mengabuburit merupakan aktivitas menunggu waktu azan magrib sebagai pertanda waktu berbuka sudah tiba. Istilah tradisi ini diambil dari kalimat Bahasa Sunda “Ngalantung ngadagoan burit” yang berarti bersantai sambil menunggu waktu sore.

 

Karena tujuan ngabuburit adalah menunggu waktu berbuka dan menjadi bagian dari ibadah puasa, maka kita perlu mengisi waktu tersebut dengan aktivitas yang positif dan produktif. Tinggalkan kegiatan membosankan kamu yang begitu-gitu saja, jadikan Ramadhan tahun ini berkesan melalui kegiatan yang bermanfaat. Lantas apa saja yang bisa kamu lakukan saat ngabuburit sebagai mahasiswa? Ini daftar rekomendasinya!

 

1. Mengikuti Kegiatan Keagamaan

Selagi bertemu dengan bulan penuh ampunan, kamu harus memanfaatkan momen ini untuk mendekatkan diri dengan yang maha kuasa. Ikutilah berbagai macam kegiatan keagamaan yang ada, seperti kajian. Setiap bulan Ramadhan, masjid-masjid pasti memiliki jadwal untuk kajian yang bisa kamu ikuti, kamu bisa meramaikan masjid kampus dengan datang ke kajian.

 

Selain dapat menambah ilmu, biasanya masjid kampus akan menyediakan kudapan gratis untuk berbuka bersama, kamu bisa jadi lebih hemat dan bisa mengalokasikan uang jajan untuk sedekah! Namun, jika kamu belum menemukan waktu yang tepat untuk datang langsung ke masjid, kamu dapat mengikuti kajian daring yang telah banyak dilaksanakan. Selain kajian, banyak juga terdapat kelas-kelas keagamaan yang dilakukan secara daring, seperti pesantren kilat atau belajar mengaji.

Terlibat dalam Kegiatan Sosial (Foto: Unsplash)

2. Terlibat dalam Kegiatan Sosial

Selain berpuasa, momen Ramadhan sangat pas untuk kamu melakukan kegiatan berbagi kepada yang membutuhkan. Dengan berbagi sedikit rezeki, kamu bisa turut menjadi bagian pembuktian bahwa Ramadhan adalah bulan yang membawa berkah bagi seluruh umat, serta menjadi momen menumbuhkan empati dan kepedulian terhadap sesama.

 

Kamu dapat bergabung pada komunitas sukarelawan atau mengumpulkan teman-teman kuliah kamu untuk bersama berbagi makanan berbuka gratis atau menggalang dana untuk melakukan kegiatan amal seperti pembangunan masjid atau donasi kepada orang sekitar yang kurang mumpuni secara finansial. Atau jika kamu kesulitan untuk berbagi secara finansial, kamu bisa berbagi waktu dan tenaga dengan melakukan kegiatan mengajar gratis bagi adik-adik yang kurang beruntung tidak bisa mengakses pendidikan.

Mengikuti Kelas Peningkatan Skill (Foto: Canva)

3. Mengikuti Kelas Peningkatan Skill

Daripada hanya berdiam diri dan semakin merasakan lemasnya berpuasa, kamu harus berkegiatan agar tak terasa waktu berlalu dengan cepat dan telah datang waktunya untuk berbuka. Ngabuburit dengan mengikuti kelas dapat menambah ilmu dan skill baru yang dapat bermanfaat baik untuk kehidupan perkuliahan atau karir kamu di masa depan, apalagi dengan teknologi yang telah maju, distribusi ilmu tidak perlu bertatap muka.

 

Di zaman sekarang telah banyak platform yang menyediakan kelas daring untuk berbagi ilmu yang bisa kamu ikuti di mana saja, salah satunya adalah kelas peningkatan skill di Kampusinovatif.id. Kamu bisa menemukan berbagai tema mulai dari Tugas Akhir, Public Speaking, Strategi Interview, dan masih banyak lagi, menarik banget kan? Ga perlu ragu untuk warnai Ramadhan kamu dengan produktif! Cek sekarang di kampusinovatif.id/event

 


Penulis: Sarah Penyunting: Dwita

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Artikel Terkait

Sering Menggunakan AI untuk Riset? Ini Dia Peluang dan Tantangannya!

Pers Kampusinovatif

24 April 2024
2 min
Kualitas Gen Z Akan Menentukan Keberhasilan Visi Indonesia Emas 2045
Mental Health: Gen Z Mentalnya Harus Tetap Waras?

vinaaayuu

25 Mei 2024
2 min
5 Daftar Konten Kreator yang Dapat Membantumu Seputar Kemahasiswaan!
3 min
Generasi Z sebagai Agent of Change di TikTok Lewat Konten Mental Health

Olga P

25 Mei 2024
2 min
PERAN PENTING TEMAN SEBAYA DALAM MENJAGA KESEHATAN MENTAL GEN Z

Febriani Purnama

17 Mei 2024
4 min