Diterbitkan 02 Jul 2024

Gen Z sebagai Potensi Agent of Change for Mental Health

Potensi Gen Z dalam Agent Of Change for Mental Health. Perhatian ini menarik banyak kalangan terutama dalam masalah kesehatan mental. Banyak nya perubahan di era ini oleh kalangan Gen Z untuk mendorong perubahan yang postif. Mari dukung Gen Z dengan Agent Of Change for Mental Health.

Pengembangan Diri

Tsaniya Azzahra

Kunjungi Profile
28x
Bagikan

Kenapa Gen Z lebih mementingkan kesehatan mental terlebih dahulu? Pertanyaan tersebut dapat dijawab oleh David Satcher sebagai Mantan Kepala Ahli Bedah Amerika serikat yang mengatakan, “Tidak ada kesehatan tanpa kesehatan mental.” Di era globalisasi ini banyak nya perubahan dalam berbagai aspek yang dimana dapat mengakibat kan salah satu nya penyakit mental. Penyakit mental ini dapat banyak mengubah cara berfikir seseorang dan perasaan atau perilaku yang membuat seseorang menjadi sulit untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

PENINGKATAN PENGIDAP PENYAKIT MASALAH KESEHATAN DI INDONESIA

Dalam data tersebut adanya peningkatan penyakit gangguan mental dari tahun 2013-2018 di provinsi Indonesia, dimana daerah DKI Jakarta memiliki peningkatan yang cukup besar sebanyak 10% dari seluruh jumlah penduduk Jakarta. Setiap tahun nya diperkirakan meningkat sebesar 0,8%.

PERAN GEN Z DALAM MENGAMBIL TINDAKAN PERUBAHAN MENGATASI KESEHATAN MENTAL

Kontek ini, Gen Z menunjukan bahwa mereka memiliki peran penting dalam perubahan untuk kesehatan mental. Sangat relevan dengan Gen Z atau generasi muda ini yang dimana mereka memiliki kesadaran tinggi terhadap kesehatan mental terlebih dahulu. Gen Z sendiri ini memiliki banyak potensi dalam era saat ini terutama dalam kesehatan mental atau yang biasa semua orang sebagai mental health. Banyak nya peran penting Gen Z ini sehingga mempunyai peran potensi untuk membuat perubahan yang dapat mengutamakan dan mendorong kesehatan mental yang lebih positif. 

Perlunya peran Gen Z mengambil tindakan untuk membuat perubahan dalam mengatasi kesehatan mental. Banyak nya perhatian dalam masalah kesehatan mental di era ini beberapa tahun terakhir, perlunya banyak upaya dimanapun. Upaya saat ini banyak langakah Gen Z melakukan nya dengan karakteristik yang berfikir lebih terbuka dan memiliki cendenrung untuk bertindak sesuai dengan keinginan nya. Generasi Z juga merukana generasi yang mana mana mayoritas individunya menjunjung tinggi kebebasan berekpresi dan memiliki keterbukaan yang lebih besar dalam memahami berbagai jenis orang serta situasi tanpa mendeskriminasi apabila dibandingkan dengan generasi-generasi sebelumnya (Francis & Hoefel, 2018). 

Gen z mempunyai banyak kemampuan salah satu nya komunikasi. Komunikasi saat ini menjadi kunci utama bagi kaum Gen Z, karena mereka memiliki kemampuan untuk berkomunikasi secara terbuka tentang mental health. Untuk mengembangkan perubahan ini banyak nya cara mereka Gen Z  dengan salah satunya melewati social media. Dimana mereka lebih banyak komunikasi dan mencari informasi menggunakan social media tersebut dianggap paling efektif utuk membuat perubahan perilaku dan pendapat mereka terhadap mental health. 

Secara keseluruhan, berdasarkan potensi Gen Z dalam Agent Of Change for Mental Health ini membuat dampak yang dapat menjadi generasi ini lebih mengutamakan dan mendorong kesehatan mental yang lebih positif sehingga membuat mereka lebih kuat dalam hal kesehatan mental. Lebih terbuka dan berani untuk melangkah menggunakan platform untuk menyebarkan dengan menciptakan kesadaran dan mendorong perubahan. Gen Z memiliki kepekaan yang tinggi disbanding generasi sebelumnya, mereka lebih terbuka dan mengenal isu tentang kesehatan mental. Sehingga mereka dapat banyak berdiskusi dengan berkomunikasi tanpa ragu untuk beropini lebih detail di kalangan umum tentang kesehatan mental.


Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Artikel Terkait

Sering Menggunakan AI untuk Riset? Ini Dia Peluang dan Tantangannya!

Pers Kampusinovatif

24 April 2024
2 min
Mental Health: Gen Z Mentalnya Harus Tetap Waras?

vinaaayuu

25 Mei 2024
2 min
6 Langkah Praktis Meningkatkan Produktivitas
3 min
Optimize Gen Z Power! #LoveYourself to Overcome Mental Problems
2 min
Kasus Pelecehan dan Kekerasan Seksual Merambat, Darurat Perhatian Masyarakat

Audrey Abigail

12 Juni 2024
2 min
#MentalHealthMatters: Bagaimana Gen Z Berkontribusi dalam Problematika Mental Health