Diterbitkan 04 Apr 2024

Cara Cepat Review Jurnal, Simak Selengkapnya!

Review jurnal menjadi salah satu tugas yang kerap didapatkan mahasiswa di bangku kuliah. Tugas ini tak bisa diartikan hanya sekadar meringkas jurnal, namun juga perlu mecantumkan gagasan sendiri. Berikut cara cepat review jurnal untuk mahasiswa.

Tips & Trick

Pers Kampusinovatif

Kunjungi Profile
3875x
Bagikan

Halo Bestif! Sebagai seorang mahasiswa pasti mayoritas dari kalian pernah mendapatkan tugas untuk mereview jurnal bukan? Kalau hanya satu jurnal tak akan jadi masalah membaca dari halaman awal sampai akhir, namun jika lebih dari itu tentu akan memakan waktu yang lama. Tak hanya capek, tapi kemungkinan besar kalian juga akan merasa bosan dan ngantuk. Di samping itu, hasilnya pun tidak akan maksimal karena fokus perlahan hilang.

Biar waktumu lebih efisien, Mintif kasih tahu cara cepat review jurnal dengan hasil berkualitas dan mudah dipahami. Sini merapat, simak informasi ini selengkapnya!

Cara Cepat Review Jurnal

1. Teknik APeMS

Opsi pertama, kalian bisa menggunakan teknik APeMS, yaitu cukup dengan membaca bagian Abstrak, Pendahuluan, Metode Penelitian, dan Simpulan. Untuk penulisannya kalian tidak boleh asal, ya Bestif! Buatlah tabel yang berisi keterangan judul, nama jurnal, volume dan halaman, tahun terbit, penulis, permasalahan, tujuan penelitian, sumber data, metode penelitian, hasil penelitian, kelebihan penelitian, dan kekurangan penelitian. Keterangan tabel tersebut bisa kalian gunakan jika jumlah jurnal yang direview tidak banyak.

Namun, jika jumlah jurnal yang direview banyak kalian bisa menggunakan tabel dengan format berikut:

Contoh format review jurnal (Sumber: dokumentasi pribadi)

2. Gunakan Website GetDigest

Tampilan review jurnal di website GetDigset (Sumber: website GetDigset)

Jika kalian diminta untuk mereview banyak jurnal dengan tenggat waktu yang cukup singkat, situs GetDigest bisa menjadi solusi terbaik. Kalian hanya perlu mengunjungi laman GetDigest, kemudian copy-paste jurnal yang hendak direview atau unggah file jurnal tersebut. Lalu, secara otomatis akan ditampilkan summary dari jurnal yang telah kalian unggah. Hasil dari review tersebut juga bisa kalian unduh dengan format file .txt. Sangat membantu kaum deadliner kan?

3. Pakai Humata AI

Tampilan laman review jurnal Humata AI (Sumber: website Humata AI)

Selain kedua cara di atas, Bestif juga dapat menggunakan Humata AI. Setelah berhasil meluncur ke laman tersebut, kalian perlu Sign Up atau Login. Selanjutnya, unggah jurnal yang akan direview. Kemudian klik Ask untuk menanyakan hal-hal yang ingin kalian ketahui dari jurnal tersebut, misalnya terkait kelebihan dan kekurangan penelitian. Hanya dalam hitungan detik, Humata AI akan menampilkan jawaban dari pertanyaan yang kalian ajukan. Simple kan? Jadi tak perlu berlama-lama membaca jurnal.

4. Manfaatkan Poe AI

Tampilan laman review jurnal Poe AI (Sumber: website Poe AI)

Tak hanya GetDigest dan Humata AI, Mintif punya satu lagi rekomendasi website yang bisa kalian manfaatkan untuk menyelesaikan tugas review jurnal. Poe AI jawabannya!

Langkah pertama, kalian cukup mengetikkan Poe AI di halaman mesin pencari. Selanjutnya, ketikkan email dan masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan. Lalu masuk ke menu Claude-instant dan pilih icon attach file untuk mengunggah file jurnal yang akan direview.

Nah, disini kalian bisa menanyakan apapun yang ada di jurnal tersebut contohnya kesimpulan. Tanpa perlu menunggu lama, jawaban akan otomatis ditampilkan.

5. Kunjungi Situs TLDR This

Tampilan situs TLDR This (Sumber: website TLDR This)

Situs website ini juga bisa mempermudah kalian dalam mereview jurnal. TLDR This menyediakan beberapa pilihan untuk penggunanya, yaitu upload file jurnal, copy-paste URL jurnal, atau copy-paste teks jurnal yang hendak direview. Setelah file terunggah, klik summarize this untuk mendapatkan hasil review dari jurnal tersebut. Sangat mudah kan?

 

Itu tadi beberapa rekomendasi cara cepat untuk mereview jurnal. Bisa segera kalian coba, ya!

Ingin tahu tips & trick menarik lainnya untuk mahasiswa? Kunjungi platform Kampusinovatif.id untuk mendapatkan informasi selengkapnya!

 

Tak hanya seputar life-hack untuk mahasiswa, melalui platform Kampusinovatif.id kalian juga bisa mengakses kelas untuk menggapai karier impian mulai dari Kelas Cerdas Digital, Kelas Karir Profesional, serta Kelas Tugas Akhir. Tunggu apalagi? Yuk, explore sekarang juga!


Penulis: Anisaa Penyunting: Dwita

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Artikel Terkait

Terapkan Strategi Ini Agar Presentasimu Jadi Efektif!
Jenuh Belajar? Kenali Tanda-tanda Burn Out dan Cara Mengatasinya
Kesulitan Problem Solving? Ini Strategi Jitu Menuju Solusi Terbaik!
9 Jurusan Sepi Peminat dengan Prospek Menjanjikan